Tuesday, March 25, 2008

Tugas Akhir

Assalamu'alaikum wr wb.

Malam ini, malam rabu tanggal 25 Maret 2008. Saat ini saya sedang tidak melakukan apa-apa. Daripada mati dalam ke-tidakberdaya-an, lebih baik melakukan hal-hal yang positif. Salah satunya adalah melaporkan perjalanan Tugas Akhir saya di Fakultas Ilmu Komputer kepada khalayak ramai. Walaupun tadinya saya tidak mau menceritakan hal ini kepada masyarakat umum :) , namun karena sesuatu hal dan karena saya pikir teman-teman yang membaca postingan ini bisa menyemangati saya untuk mengerjakan Tugas Akhir, akhirnya saya beranikan untuk berbagi dengan teman-teman. Semoga bisa bermanfaat dan bermakna. Amin.

Di 1233 tempat saya bersemedi selama ini, saat ini saya sedang kehabisan ide untuk meneruskan TA. Atau memang TA saya belum banyak berjalan, tetapi yang jelas saya harus menyelesaikan tantangan yang satu ini. Kalau tidak, niat untuk lulus semester ini pupus sudah. Yah, walaupun beberapa orang kaget dengan keputusan ini*, saya rasa saya harus lulus semester ini. Motivasinya sih ada banyak, tapi yang paling aneh adalah saya ingin wisuda di balairung dengan diiringi nyanyian mahasiswa baru yang benar-benar fresh. Suasananya lebih sakral.

OK back to the topic, post ini adalah untuk menceritakan tugas akhir bukan untuk bercerita lebih jauh lagi tentang segala hal tentang diri ini.

Tugas akhir saya berjudul
"Spesifikasi dan Verifikasi Modul Perbankan dengan Lingu-SQL(Studi Banding dengan Atelier-B)"
Dahulu, saat dimana dimulailah masa pencarian topik tugas akhir, saya mulai bingung. Saya baru sadar kalau saya sudah kuliah selama 7 semester atau 3,5 tahun. Kagetnya lagi saya baru tersadar juga kalau selama ini saya tidak melakukan apa-apa. Belajar tinggal belajar. Tetapi saya tidak pernah(seingat saya-red) mengaplikasikan ilmu saya untuk masyarakat, bangsa , ataupun negara. Di masa kaget itu, saya dihadapkan dengan deadline pengumpulan topik tugas akhir. Saya pikir jika saya terlambat mengumpulkannya, maka tugas akhirnya pun akan semakin telat.

Alhasil, saya mulai mencari topik. Oia, sebelumnya alasan saya memilih tugas akhir adalah karena saya ingin mandiri dan mulai belajar sebagai peneliti. Pencarianpun dimulai. Ruang-ruang dosen saya sambangi, website-website saya kunjungi, bahkan relasi-relasi lama saya hubungi. Hal itu saya lakukan agar dapat menemukan topik yang sesuai dengan saya. Beberapa topik pun sempat hadir di kepala saya bahkan sempat saya ajukan ke dosen. Beberapa topik itu adalah mengenai engine game, face recognition, dll. Tetapi saya urung untuk mengajukannya. Ini penyekit stress smile nomor 99.

Kurang lebih 4 hari lagi saat itu untuk menuju titik deadline. Saya belum menemukan topik. "Ya Robbi, apa yang harus saya lakukan", batin saya bicara. komputer yang ada di depan pun langsung saya pelototin(lihat-red), mudah-mudahan dalam waktu sekejap muncul tawaran topik Tugas akhir. Tetapi tidak muncul juga. :(

Akhirnya saya teringat akan sesuatu hal. Saya ingat dulu di Scele (Student Centered Learning) Fasilkom UI pernah terpampang tawaran topik Tugas akhir dari Pak Heru. Lalu jadilah saya ubek-ubek scele saat itu. Dan ketemulah thread tersebut. Dari sekian banyak tawaran, saya memilih topik seperti yang telah disebut di atas. Inilah akhir masa pencarian. Pencariankupun usai sudah(Padi-red).

Sekarang saya pun sedang bergelut dengan waktu untuk menyelesaikan tugas akhir saya tersebut. Waktu tersisa kira-kira 3 bulan lagi. Hanya saja waktu di sini relatif, masih lamakah atau tinggal sebentar lagikah.Untuk pembaca ketahui, bahwa proses spesifikasi dan verifikasi di sini adalah untuk men-check dan menjamin kualitas software yang diuji. Alat pengujinya ialah Lingu-SQL, software buatan Fasilkom UI bekerjasama dengan Universitas Uttrech, Belanda. Dan software yang diuji adalah Software yang digunakan di bank. Semua software yang telah didefinisikan oleh mas Bucchi di bukunya. Setelah saya kerjakan tugas itu, lalu saya mulai membandingkannya dengan hasil yang diperoleh dengan menggunakan software Atelier-B. Begitulah kira-kira penjelasan dari tugas akhir saya. Berikut penjelasan lebih lanjut dari Lingu-SQL:

Lingu SQL adalah sebuah software development tool yang digunakan untuk melakukan verifikasi dan validasi sebuah algoritma pemrograman dalam bentuk bahasa Lingu. Bahasa Lingu itu sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman abstrak ringan yang berfokus kepada operasi transformasi data pada basis data (mis. query, select, insert, update). Lingu tidak memiliki seluruh fungsionalitas seperti layaknya bahasa pemrograman seperti C++ atau Java, namun bahasa ini memiliki sintaks dan tata bahasa yang memungkinkan kita untuk merancang sebuah algoritma manipulasi data pada sebuah basis data. Penerapan verifikasi dan validasi pada sebuah algoritma di dalam Lingu dapat menghasilkan ukuran kebenaran yang terdapat di dalam alur operasi algoritma tersebut.

LinguSQL terdiri atas modul-modul pendukung antara lain:
  1. LinguHOL - modul untuk melakukan verifikasi skrip Lingu dengan bantuan Higher-Order Logic (HOL) Theorem Prover. Modul ini merupakan work on progress. proses transformasi dari skrip Lingu menjadi skrip LinguHOL saat ini masih dilakukan manual.
  2. Lingu Validator - berfungsi melakukan validasi algoritma database yang dilakukan dengan bantuan sebuah data generator.
  3. Real-Time Lingu Validator - modul yang berfungsi melakukan validasi dari operasi database pada bahasa Java dengan mengacu pada spesifikasi Lingu.
  4. Lingu2Java - penerjemah skrip Lingu ke Java berbasis Attribute Grammar.
Kembali ke masa-masa awal saya mendapatkan topik ini. Dulu saya kagum dengan topik yang saya pilih ini. Hal ini dikarenakan Lingu-SQL pernah menang dalam suatu kompetisi, kompetisi yang bukan main yaitu pemenang pertama Research Development APICTA Indonesia 2005. Sebuah kompetisi yang prestisius. Mungkin karena awal inilah akhirnya pak Heru menjadi peneliti UI terbaik UI 2007.

Satu dan beberapa hal yang membuat hati saya ciut dalam menyelesaikan tugas akhir ini adalah ternyata saya meneruskan tugas Carroline D. Puspa, Theresia, Ricky Wenang. Carroline prestasinya jangan ditanya lagi. Theresia merupakan salah satu mahasiswi terbaik di angkatannya. Dan Wenang pernah juara lomba pemograman yang diadakan oleh Microsoft. Saya? Prestasi saya apa ya. Yang lebih kaget lagi adalah ternyata junior saya pernah juga bergelut dengan Lingu-SQL, merka adalah Lucia Roly, Irvan, dan juga Nadissa. Entah apa yang mereka kerjakan, yang jelas saya salut dengan mereka karena menyempatkan waktunya untuk "sesuatu" ini.

Sekarang saya harus menyelesaikan tugas akhir saya ini. Demi kelangsungan hidup saya dan juga anak istri saya. Sekarang saya harus lebih bersemangat lagi untuk menyelesaikannya. Komunikasi yang intens dengan pak Heru harus mulai dilakukan. Permohonan maaf kepada pak Ade harus saya lakukan, hal ini karena saya sempat mengacuhkan pak Ade, yang jelas-jelas ingin membantu saya. Maafkan saya pak ade. Lalu saya juga harus sering-sering ke Portugal untuk bertemu dengan CDP. Harus mencari kontak Theresia. Dan harus sering-sering bolak-balik dari 1233 ke Lab Grid Computing untuk bertemu dengan Ricky Wenang. Mohon bantuannya untuk saya, teman-teman, jika sekiranya anda bisa memfasilitasi saya untuk melakukan hal-hal yang saya sebutkan tadi.

Ruang 1233 jam 10.53 malam tanggal 25 Maret 2008

Wassalamu'alaikum wr. wb.


*Saat ini saya membagi waktu saya untuk Kerja praktek, Tugas Akhir, dan juga untuk BEM Fasilkom UI, sehingga beberapa orang pesimis saya bisa lulus semester ini.

3 comments:

Arta a.k.a Mr Brightside said...

Wah bang Smile ini kayaknya ude expert yah dalam blog mengeblog,,

Klo sempet, buka blog baru saya yah,
http://brokenbrain89.blogspot.com/

baca yang bagian film fitna, trus kasih komen yah...

Makasih..

Anonymous said...

Sempat narsis mencari nama diri sendiri di google, eh..ketemu nih blog.

Jadi tersipu dan ketawa ngakak ketika baca tulisan ini dan sedikit mengulas ttg daku...

Btw...kalau butuh bantuan, ga usah jauh2 ke Portugal, kontak gw aja di ym atau ga gtalk dengan username "cardepus"

Good luck yah ma TA nya....jangan dibawa stress... Lingu itu menyenangkan loh. Namanya juga cute...btw udah tahu belum, Lingu kepanjangan apa? Jangan seperti P Heru ga tahu kepanjangan dari apa ampe hari sebelum sidang TA (upsss sorry yah pak :P)

~cardepus aka carroline d puspa

Anonymous said...

belajar banyak