Monday, December 22, 2008

10 Fakta tentang Franova

Alhamdulillah. Akhirnya datang juga waktunya membayar hutang postingan dari leni. Maaf ya Len, baru bisa nulis sekarang. Dan maaf juga, saya masih punya banyak hutang ke Leni. Insya Allah, mudah-mudahan semuanya bisa diselesaikan sebelum Leni pergi ke KL. Amin.

Fakta tentang Franova Herdiyanto.

  1. Kata seorang teman, saya adalah penyelam yang ulung tetapi bukan pendaki yang baik. Ada yang tahu artinya? kalau tahu artinya berarti anda sudah tahu fakta pertama tentang saya.
  2. Franova kecil adalah seorang yang sangat tergila-gila untuk menjadi tentara. mungkin terinspirasikan dari kakek, pakde, dan bapak sendiri. kakek adalah pejuang ambarawa, pakde pejuang timor timur, dan bapak adalah anggaota kesatuan komando pasukan khusus. jadi nggak salah lagi kalau franova kecil tergila-gila untuk jadi tentara. Tapi mimpi itu tidak terwujud. Soalnya pas daftar Akmil, umur saya kurang dua bulan dan tidak diperbolehkan. lalu akhirnya memutuskan untuk jadi masyarakat sipil saja :p.
  3. Ibu selalu memaksa Franova muda untuk menjadi seorang guru.Ya, itu karena Ibu adalah seorang guru. Dan sampai sekarang, ibupun selalu memaksa saya untuk menjadi guru. Maaf ibu, saya tidak bisa memenuhi keinginanmu itu. Tapi, dengan izin Allah saya akan senantiasa menjadi guru secara informil.
  4. Sekarang, Franova Tua belum tahu mau menjadi apa!! :p
  5. Sangat terobsesi untuk jalan-jalan ke luar pulau jawa. Sampai sekarang saya belum pernah ke luar Jawa. mungkin nanti liburan, bisa atur waktu, strategi, dan biaya untuk backpacking. Target tujuannya adalah Aceh.
  6. sangat menyukai semua makanan yang memakai bumbu kacang. Ketropak, gado-gado, karedok, pecel, batagor, siomay, dll. Tapi ini mah fakta umum. Sepertinya makanan tersebut adalah makanan favorit hampir semua orang di Indonesia. CMIIW.
  7. Pernah jadi biang onar keributan di daerah tempat tinggalnya. Ceritanya panjang, ada hubungannya tentang kebakaran. :p jadi malu kalau ingat saat itu.
  8. Sangat suka sekali dengan olahraga. suka di sini bukan berarti sering. Nah hasilnya ya seperti apa yang teman-teman lihat sekarang :(.
  9. Sering bermuhasabah dengan melihat wajah orang-orang yang ditemuinya. Terutama orang yang tidak dikenal dan bertemu di jalan. Suka ngeliat garis muka orang, menandakan kalau bukan gw satu-satunya orang di muka bumi. dan bukan gw satu-satunya yang mempunyai masalah!
  10. Amat suka membaca. Tetapi lebih suka lagi memebeli buku.

Nah, itu dia 10 Fakta tentang Franova Herdiyanto. Mau lagi?.. :)



Sunday, December 21, 2008

Maafkan Aku, Ibu.



Ibu, jika aku menjadi orang yang menyebalkan selama ini
Maafkan Aku, Ibu.

Jika aku belum bisa berbakti penuh kepadamu.
Maafkan Aku, Ibu.

Sungguh aku malu.
Aku telah berbuat banyak kesalahan kepadamu.
Padahal aku sudah mengerti kalau Tiket ke Surga ada padamu.
Maafkan Aku, Ibu.

Dan kesalahan terbesarku adalah menanyakan kepadamu sebuah pertanyaan yang bodoh
"Ibu, apakah kau mendoakan setiap langkahku?"

Padahal aku tahu ketika aku sakit, engkau lebih sakit.
Padahal aku tahu ketika aku gagal, engkau lebih sedih dan terus menyemangatiku.
Dan aku tahu bahwa hanya untuk kebaikan anakmulah segala perbuatanmu.

Aku malu, Ibu. Aku malu kepadamu karena tidak bisa membalas jasamu.
Maafkan aku. Ibu.

Semoga Allah selalu merahmatimu, Ibu. Dan menyayangimu sebagaimana engkau menyayangi aku sejak aku masih kecil.



-Selamat Hari Ibu-
~Sayangilah Ibu kalian sebelum terlambat. Memuliakan orangtua khususnya ibu adalah amanat Rosululloh. Maka, jangan pernah kalian berbuat durhaka kepda Ibu.

------------------------------------------------------------------------------
Ada tembang nasyid bagus dari Hijjaz.

(Belaian Ibu -Hijjaz-)

Tertanam naluri keibuan amat mendalam
Di jiwa insan yang mendambakan kebahagiaan
Oh… ibu

Di bahumu tergalas beban
Perjalananmu penuh rintangan
Kau titipkan kasih sayang
Sejujur pengorbanan
Tak ku nafikan

Di saat kita berjauhan
Rasa ingin ku berlari
Mendakapimu penuh girang
Bak si kecil kehilangan

Kau insan penyayang
Betapa ku merindu
Lembutnya belaian ibu
Membuatku terlena

Di wajah terlukis tenang
Debar di dada kau rahsiakan
Ku pastikan dikau aman
Dikurnia sejahtera
Tak ku lupakan

Di saat kita berjauhan
Rasa ingin ku berlari
Mendakapimu penuh girang
Bak si kecil kehilangan

Tiada aku tanpa ibu
Hanya (kau) satu didunia
Bertakhta dikau dijiwaku
Kau lah ibu yang tercinta

Kau insan pengasih
Betapa aku mengharap
Hadirnya restumu ibu
Membawaku ke syurga

Bersemi belaian kasih sayang nan berpanjangan
Darimu insan yang mendoakan kebahagiaan
anak-anakmu
Oh… Ibu


-----------------------------------------------------------------------------

Wednesday, November 19, 2008

9 Matahari

Sabtu pekan lalu saya dan seorang teman pergi ke sebuah pameran buku rutin di bilangan Senayan. Rencana kepergian itu sudah saya buat sejak beberapa pekan sebelumnya. Awalnya ingin berangkat ke sana hari Jum'at langsung dari kantor, tetapi karena waktu itu cuaca tidak mendukung, saya urungkan niat tersebut dan mengubahnya menjadi hari esoknya.

Agenda pada hari Sabtu kemarin memang relatif padat buat saya. Pagi harinya saya harus menjadi pengajar IT dulu bagi guru-guru SMA untuk acara Compfest Fasilkom. Namun, karena saya diminta untuk mengisi kembali pada sesi siangnya, akhirnya saya baru bisa berangkat pada sore harinya. Kebetulan siang itu juga teman yang ingin ikut belum datang ke Kampus.

Tidak berbeda dengan hari Jum'at. ternyata awan hitam pun masih setia menyelimuti Jakarta dan Depok. Ada keinginan untuk merubah jadwal kembali menjadi hari Minggu. Tetapi mengingat hari Minggu adalah hari khusus saya untuk berkonsentrasi pada skripsi, saya mengurungkan niat tersebut dan berlarilah saat itu juga saya ke Senayan sebelum hujan turun.

Di perjalanan, ternyata saya tak seberuntung yang saya harapkan. Hujan pun turun mulai dari skala kecil hingga sangat besar tak jauh sejauh 3 KM saya meninggalkan kampus. Ada keinginan untuk meneduh sebentar, tapi entah kenapa saat itu saya memang tak ingin berhenti. Sebuah kejadian yang tak biasa. Dalam hujan yang besar saya juga tidak berhenti.

Alhasil saya harus melewati perjalanan panjang menyusuri ibukota Jakarta yang terkenal macet apalagi saat Hujan. Menembus hujan yang seakan mengajak saya untuk berhenti. Menghiraukan kilat yang sudah semakin menjadi-jadi. Dan tak lupa tentunya meyusuri sungai-sungai yang tiba-tiba saja baru terbuat. Jakarta tenggelam.

"Insya Allah, buahnya manis". Kata-kata itu yang terucap dalam pikiran saya dalam perjalanan. Kata-kata penyemangat dalam menyusuri kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Namun saya berkeyakinan saya akan menemukan sesuatu yang hebat di sana. Dan benar saja. Menurut saya saya menemukan sesuatu yang hebat di sana. Walaupun saya mendapat musibah setelah itu: Tas saya basah(beberapa buku penting ikut basah), dan Helm raib entah kemana(untung motornya tidak, padahal kuncinya sempat tertinggal :P).

9 Matahari

Dua buku saya beli pada pameran buku tersebut. Salah satunya adalah 9 Matahari. Sebuah novel yang saya rasa dapat memberikan inspirasi kepada saya. Walaupun tetap agak aneh ketika orang yang sedang bergelut dengan skripsi mecoba mencari kesibukan lain. Tapi ya itu, Sang Maha Pencipta memang mempunyai banyak cara untuk menunjukan tanda-tanda kebesaran-Nya.

Impianku...oh aku sudah memberikan nyawa. Aku mnghidupkannya dalam hari-hariku. Ketika membuka mataku saat mengawali hari, aku menyapanya. Seperti aku menyapa matahari. Ketika beraktivitas, aku biarkan dia menyelusup ke dalam hatiku, mengintip perasaanku, dan membiarkannya berteriak bahwa ia menungguku. Aku meletakkannya dalam takhta tertinggi pikiranku. Mengalirkan lewat darahku. Membiarkan semua partikel dalam tubuhku merasakan sensasinya. Aku biarkan tanganku meraba sebentar seperti apa wujudnya. Merasakan setiap detail keindahannya. Aku biarkan hasratku semakin berkembang pesat. Tumbuh...tumbuh menjulang tinggi...Menyentuh langit, mendekati matahari...Impianku seperti pohon yang menjulang tinggi. Puncaknya menembus awan. Tapi akarnya menancap tanah. Aku membiarkan impianku itu tertanam jauh dalam hatiku. Ragaku ada di bumi, tapi kubiarkan jiwaku melesat. bersamanya jauh...Kuikuti kemana pun aku bermain...Terbang...terbanglah melayang tinggi...Seperti layang-layang yang diulur dan menari di atas sana. Kubiarkan dirimu meliuk dilihat semua mata...Sampaikan bahwa aku ADA!

Itulah sepenggal kata dalam novel 9 Matahari. Novel yang pada awalnya saya pikir memiliki cerita yang standar tetapi saya sadar bahwa setiap detail dari novel tersebut tersirat banyak arti. Kisah perjuangan mahasiswa dalam menuntut ilmu memang banyak. Dan Mba Adenita dengan baik memainkan alur cerita tentang drama potret kesulitan ekonomi akan sebuah pemenuhan terhadap cita-cita. Dahyat!!! menurut saya. Apalagi ditambah kemampuan hebat mba Adenita dalam merangkai kata. Tak heran karena toh dia sudah belajar dengan baik dan memperjuangkan menulis sebagai hobby.

Aku si calon sarjana

Agak tergelitik membaca kalimat tersebut di atas. Entah kebetulan atau apa, ada semangat yang sama dari buku ini dengan saya, yaitu lulus. Kata-kata percakapan Matari dan Arga terasa seperti sedang menasehati saya:

Lu juga hebat lagi, Tar, kita semua hebat. satu hal yang gue dapet di jalan, sukses itu bukan monopoli orang-orang tertentu kok. Kita juga berhak mendapatkannya. Kita harus menciptakannya, Tar!Matahari...Inget impian kita, kita harus menjadi matahari buat keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Ayo Tar, kita bisa. Bukan berarti keberadaan lu di CTV saat ini tersisihkan, tapi kita semua tahu lu sedang berusaha keras mewujudkan impian lu. Kita semua juga di sini begitu. Semua berusaha masing-masing di jalannya tapi dengan satu semangat yang selalu bersama. Fokus aja sama skripsi lu ya, Tar. Jangan ngurusin yang lain-lain dulu. Kesempatan yang ada jangan disia-siain. Lu harus bikin prioritas hidup karena orang yang peduli sama prioritas hidupnya, ibarat orang yang sedang berlari, sampai ke tujuannya lebih cepat. Terus sering-sering declare juga prioritas hidup lu itu supaya makin sering diucapkan, makin nempel di kepala.

Dan sepertinya dari nasehat tersebut saya harus menjalankannya. Deadline kurang lebih satu bulan lagi. Dan saya harus mendapatkan gelar tersebut. Saya harus bisa meraihnya sebelum waktu saya habis. Saya harus bisa mengambil pelajaran dari novel ini. Untuk nilai 9 untuk saya. Demi menjadi matahari bagi keluarga, teman, dan masyarakat. Saya harus bisa.

Terima kasih untuk mba Adenita yang telah menceritakan kisahnya kepada saya. Saya sadar cerita tersebut mungkin memang berdasarkan pengalaman pribadi plus penyedap kata. dari kesadaran itu, tak terasa semua pembaca tiba-tiba seakan-akan menjadi teman curhat Matari, yang tak lain adalah Adenita itu sendiri, benar kan? :p

Kembali dari kisah hujan, ya saya sudah mendapatkan buah manisnya. dan buah manis ini akan menjadi bekal semangat dalam detik-detik perjuangan akhir di Fasilkom(Insya Allah). Teringat ilmu ikhlas yang sudah saya pelajari:

...., Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS:2:216)

~Kembali ke skripsi dulu ya... :p

Tuesday, November 11, 2008

Berita Duka dari UI

Innalillahi wa innailaihi rajiun…

Sore ini Selasa, 11 November 2008, 3 orang Pejuang Muda Universitas Indonesia (Adit FMIPA/fisika/2007, Dimas FMIPA/fisika?2007, Kholid FMIPA/fisika/2006) yang merupakan bagian dari keluarga besar Bedah Kampus UI, Danus BEM UI,FMIPA UI… telah dipanggil olehNya..

Setelah roadshow acara Bedah Kampus UI 2008 dari SMA-SMA di daerah Cibinong, tepatnya di Pintu Tol jagorawi, mobil Honda Jazz yang digunakan ketiga orang tersebut menabrak truk Air Mineral.

Dimas, yang menyetir mobil, meninggal di tempat, sekarang dilarikan ke PMI Bogor. sedangkan Kholid sempat dilarikan ke Rumah sakit Bakti Husada Cibinong, lalu meninggal di Rumah sakit. Adit, yang sempat kritis, akhirnya dipanggil olehNya..

Wednesday, October 15, 2008

Saturday, September 13, 2008

Aku Rela Demi Dia


Aku rela demi dia yang selalu ada

waktuku terbuang percuma
demi dia

kehilangan teman
demi dia

aku rela demi dia yang tak terduga

tak punya saudara
demi dia

tak punya muka
demi dia

aku pun rela demi dia yang bermuka dua

tak ada kata selain rela
tak ada orang selain dia

dia;ya;dia;diriku sendiri
egois bukan main

Saturday, September 06, 2008

Satu Tiket ke Surga

Siang itu nampak seperti siang yang biasanya dalam hidup saya. Siang yang selalu sama, yang selalu penuh dengan segala macam rutinitas. Namun saat itu rutinitas ibadah sedang naik daun atau sedang sangat dominan. Dominan? Ibadah? bukankah hidup adalah ibadah? Pertanyaan yang sudah diketahui jawabannya ini tentu menjadi pernyataan yang menganulir kalimat "Rutinitas Ibadah sedang sangat dominan". Betul bukan? Mungkin perasaan dominan ini muncul akibat saat ini kita sedang menginjak bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Bulan dimana semua ibadah akan ditingkatkan berkali lipat pahalanya oleh Tuhan semesta Alam, Allah SWT.

Namun di hari ketiga puasa itu ternyata bukanlah hari yang biasa bagi saya atau bagi beberapa teman lainnya. Hari itu sudah direncanakan oleh Allah 'azza wa jalla untuk dijadikan sebagai hari istimewa untuk saya. Di hari tersebut saya mendapatkan satu tiket ke surga. Masya Allah. Hal yang diimpikan oleh semua orang di dunia ini, datang menghampiri saya begitu saja, tentunya semua itu terjadi atas Izin-Nya. Tetapi mungkin pernyataan saya tadi agak berlebihan karena tiket yang dimaksud tadi adalah sebuah buku. Buku yang berjudul "Satu Tiket ke Surga". Judul yang saya pikir sarat akan makna. Empat kata yang memiliki kedalaman arti. Hal ini dikarenakan selain sebagai sebuah judul buku, disana juga tersirat satu rahasia menuju surga. Tiket yang menurut saya bisa diartikan sebagai Al-Qur'an yang pada dasarnya jika manusia mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur'an maka mereka akan mendapatkan Tiket menuju Surga. Insya Allah.

Sejak saya diizinkan oleh Allah untuk merasakan lagi nikmatnya bulan Ramadhan, saya sudah banyak diberi rizki melimpah oleh Allah. Baik itu rezeki materi, rezeki kesehatan, dan juga rezeki kemudahan dalam menunaikan segala urusan. Subhanallah wal Alhamdulillah. Allah memang satu-satunya tempat berlindung dan tempat memohon pertolongan. Dan buku "satu tiket ke Surga" ini merupakan hadiah darinya yang diantarkan oleh sahabat baik saya. Sebuah tugas mengantar yang tak mudah dan mudah-mudahan segala amalnya diterima di sisi Allah SWT. Amin.

Pada awalnya saya tak merasa ada yang istimewa dalam buku ini. Walaupun saya adalah pecinta buku namun saya agak ragu untuk segera membaca buku ini dalam waktu yang dekat.Tetapi, entah ada perasaan apa-mungkin perasaan istimewa karena ini adalah hadiah dari sahabat- buku ini segera menggeser banyak buku yang sudah mengantri dalam daftar baca saya. Sebuah pergeseran yang saya anggap tepat karena saya betul-betul dapat merasakan dahsyatnya buku ini. Buku pun saya lahap dengan sangat cepat bahkan menembus rekor waktu membaca saya. Hanya dalam waktu kurang lebih 4 jam saja saya segera meng-khatam-kannya. Sebuah rekor bagi saya.

Buku karangan Zabrina A Bakar ini begitu sederhana tapi sarat makna.Begitu kecil namun memiliki pelajaran yang besar. Penjelasannya sangat lugas dan menceritakan sudut pandang lain dari sebuah masalah. Perubahan Paradigma Berpikir. Sis zabrina merupakan motivator ulung, inspirator handal, dan juga penulis berbakat serta muslimah yang baik. Beliau mampu berinteraksi dengan baik dengan para pembacanya lewat buku. sebuah terobosan yang mutakhir menurut saya. subhanallah.

Satu Tiket ke Surga berisi tentang pelajaran-pelajaran hidup yang berlandaskan Islam. Dalam buku ini pun sis Zabrina dapat dengan sangat baik mengutip isi Al-Qur'an dan Al-Hadist dan menyambungkannya dengan segala macam permasalahan dunia beserta solusinya. Dan beliau pun dengan sangat cerdik membagi-baginya dengan membeberkan rahasia-rahasia menuju surga. Rahasia-rahasia yang menurut saya harus dipahami dan diamalkan oleh semua muslim.

Membaca buku ini bagaikan seperti melihat langsung perilaku diri. Menyaksikan langsung segala kesalahan-kesalahan diri dari cerita-cerita yang sangat bagus dan luar biasa. Membaca rahasia pertama saja saya langsung meneteskan air mata. Menangis. Bukan menangis yang biasa tetapi menangis sekencang-kencangnya. Sampai saat ini saya tidak tahu berapa kali saya menangis saat membaca buku ini. Namun dari 19 Rahasia yang dibeberkan oleh sis Zabrina, di setiap itu pula saya menitikkan air mata. sebuah buku yang luar biasa. Sederhana namun kuat pengaruhnya. Al-qur'an yang menjadi pedoman utama dibeberkan sebagian dalam buku ini seakan memenuhi pikiran saya. Bukan sekedar memenuhi tetapi juga memberi dorongan dan motivasi bagi saya untuk beribadah kepada Allah. Itu baru sebagian kecil, bagaimana ya rasanya jadi seorang penghafal Al-Qur'an dan pengamalnya? Mungkin tiket menuju surga sudah dia dapatkan. Insya Allah.

Buku ini sangat dahsat. Saya rekomendasikan untuk anda baca atau sebagai hadiah bagi orang yang anda kasihi. Saya sangat berterima kasih sekali kepada saudara saya yang telah berkorban materi dan tenaga untuk mengantarkan pesan dari Allah untuk saya. Semoga Allah membalas segala kebaikanmu. dan semoga kita bertemu di Jannah-Nya Kelak. Amin. semoga kita bisa saling nasehat-menasehati dalam kebaikan.

Tak perlu berpikir lagi. segera bertindak, Baca Al-Qur'an dan amalkan segala isinya. Ini sebuah pesan dan nasihat untuk anda dan khusus untuk saya sendiri karena perkataan haruslah bersamaan dengan perbuatan. Dan kalau anda punya rezeki, belilah buku ini. saya jamin anda akan terpesona. Insya Allah.


~saya rekomendasikan ketika membaca buku ini anda juga mendengarkan musik dari Kitaro yang berjudul Koi. Akan membantu meresapi isi buku ini.
~Sehabis membaca buku ini, saya pun langsung berinteraksi dengan penulisnya di salah satu situs Jejaring Sosial. Dengan sangat cepat dia menerima saya sebagai daftar temannya. Dengan sangat cepat pula dia membalas komentar saya. Berikut balasan komentar dia:

Salaam Brother Franova,

JazakAllaah khayran for your prayers. Ameen to it too and i pray the same for you. Please continue praying that Allaah continue to shower me with ideas to write about, words that could heal our souls and of course, guidance in our lives. Ramadhan Mubarak to you! Salaams, Sis Zabrina
Oia, beliau juga adalah seorang Blogger. Blognya dapat dikunjungi di sini

Thursday, August 21, 2008

Selamatkan Indonesia! : Sebuah Buku Pendobrak Korporatokrasi

Awal semester pertama tahun 2008 merupakan saat saya berkenalan dengan buku ini. Saat itu saya melihat peluncurannya dalam sebuah acara di televisi. Sebuah buku yang ditulis langsung oleh Mohammad Amien Rais tentang kegusarannya akan kondisi bangsa dan negara saat ini. Tak lama ketika saya melihat acara itu,hati saya langsung jatuh hati dengan buku ini karena terngiang tentang isi-isinya yang penuh dengan kritik tajam kian pedas terhadap Presiden Yudhoyono. Bukan berarti saya juga menjadi oposisi "kutu gurem" keras terhadap pemerintahan Yudhoyono, tetapi saya hanya ingin melihat sudut lain dari ruangan yang sudah saya ketahui. Pencerdasan politik atau Tarbiyah siyasiyah. Keinginan membeli buku ini pun lahir tidak lama setelah saya jatuh hati. Namun berbagai keinginan yang lain serta banyaknya pengeluaran pada masa itu, membuat saya harus menunda untuk mendapatkan buku tersebut. Dan akhirnya saya baru mendapatkannya ketika keberuntungan tak sengaja datang mengetuk pintu. Kebetulan saat itu saya sedang punya rezeki setelah menjadi Pengajar IT staff Depdiknas dan bertemu dengan buku yang hanya tersisa satu buah di toko buku dalam lingkungan mesjid Ukhuwah Islamiyah.

Waktu untuk berkenalan dengan buku ini pun tidak memakan waktu yang lama. Karena dengan membaca kata pengantarnya saja saya sudah mencium aroma nasionalisme dari seorang Mohammad Amien Rais. Namun dari aroma yang saya cium itu saya bisa memahami ketakutan luar biasa yang sedang dihadapi oleh beliau. Ketakutan yang seharusnya juga dirasakan oleh setiap warga negara Indonesia di setiap jengkal tanah di bumi kita tercinta ini. sebuah ketakutan luar biasa yang menyulut api semangat untuk menghadapinya. Ketakutan adalah wajar, lari dari ketakutan yang tidak wajar. Alhasil lahirlah sebuah agenda mendesak bangsa yang disertai oleh beberapa macam solusi untuk menghadapi masalah di Indonesia ini.

Agenda mendesak bangsa ini lahir dari ketakutan terhadap nasionalisme sempit yang dialami oleh banyak masyarakat Indonesia bahkan beberapa pemimpin Indonesia. Nasionalisme sempit adalah nasionalisme simbolik yang lebih menomorsatukan prestasi-prestasi di tataran praktis seperti prestasi olahraga. Menurut Amien Rais banyak masyarakat yang sudah terjangkiti penyakit ini.Padahal harusnya nasionalisme yang ada haruslah lebih utuh meliputi nasionalisme ekonomi,politik, pertahanan dan keamanan, dan lain-lain. Nasionalisme ini menurut beliau dapat menjadikan negara kita kokoh dan menjadi mandiri serta bisa bertahan terhadap arus negatif pergaulan dunia.

Dalam bab-bab awal buku ini, Amien Rais menceritakan tentang kondisi yang hampir sama dengan kondisi sekarang. Kondisi yang hampir sama tersebut adalah saat masa penjajahan belanda dimana imperialisme dan kolonialisme berjaya di bawah kekuasaan VOC. Pada masa itu, semua sumber daya alam dan manusia Indonesia dikuras habis oleh penjajah untuk kepentingan mereka. Dari sanalah lahir pertama kalinya sistem korporasi di dunia. sebuah korporasi yang tangguh yang didukung oleh militer dan bangsa Indonesia sendiri. Untuk alasan yang terakhir, coba kita kembali berkaca kepada Amangkurat I dan II yang telah tega berkhianat terhadap tanah tumpah darahnya sendiri demi kekayaan pribadi. Coba bedakan kondisi dahulu dengan sekarang. Apakah ada bedanya?

Korporat pertama yang bernama VOC ternyata adalah awal dari terbentuknya korporasi yang ada di dunia sekarang ini. Dan di dalam buku ini dikenalkan kepada kita suatu istilah menggelitik yaitu Korporatokrasi. Korporatokrasi sendiri berarti sistem atau mesin kekuasaan yang bertujuan untuk mengontrol ekonomi dan politik global yang memiliki 7 unsur, yaitu: korporasi-korporasi besar;kekuatan politik pemerintah tertentu, terutama Amerika dan kaki tangannya;perbankan nasional;kekuatan militer;media massa;kaum intelektual yang dikooptasi; dan terakhir, yang tidak kalah penting adalah elite nasional negara-negara berkembang yang bermental inlander, komprador, atau pelayan.

Semua unsur yang tersebut di atas yang meliputi korporatokrasi sejatinya adalah syarat bagi terjadinya mega korupsi yaitu korupsi yang menyandera negara (State Capture Corruption). Dan menurut buku ini,Indonesia sedang melakukannya. Beberapa indikasinya ialah ketergantungan kita terhadap IMF, WTO, dan bank dunia, serta kepatuhan berlebihan terhadap perusahaan-perusahaan multinasional yang ada. Bahkan terhadap beberapa korporasi seperti Freeport kita tidak dapat berbuat apa-apa. Dan di dalam buku ini dikupas habis segala perlakuan IMF, WTO, Bank Dunia, serta korporasi terhadap bangsa Indonesia. Selain itu juga diceritakan pula ketidakberdayaan pemerintah kita dalam menangangi semua hal tersebut. Tidak seperti yang dilakukan oleh negara lainnnya seperti Venezuela, Bolivia, China, Malaysia, India, Iran,dan juga Ekuador.


Sikap yang menyebabkan banyaknya kasus-kasus korupsi adalah sikap inlander. Sebuah sikap yang disebut oleh Amien rais sebagai sikap tercela yang mencederai kehormatan bangsa Indonesia. Sikap tersebut terjadi akibat terlalu mementingkan pribadi ataupun kelompok.

Lalu apa yang harus kita lakukan atau apa yang harus pemimpin kita kelak lakukan. Beberapa solusi itu adalah:
  1. perlu adanya kepemimpinan alternatif yang bebas, merdeka, dan mandiri
  2. perlu adanya pemimpin muda yang memiliki wawasan nasional dan Internasional
  3. perlu adanya pemahaman bahwa kekuasaan adalah amanat rakyat yang harus dilaksanakan secara bijaksana
  4. perlu adanya kesetaraan, kesedarajatan, dan kesejajaran dalam berhubungan dengan negara lain
  5. perlu adanya sikap dari pemimpinuntuk keluar dari korupsi yang menyandera negara
Dan beberapa solusi tersebut menutup cerita di buku tersebut yang menurut saya sangat bagus dan bisa membuka mata kita terhadap keadaan Indonesia serta dapat menghilangkan sikap apatis terhadap kemajuan negara kita tercinta. Bung Karno sendiri pernah berkata, "Pekerjaanku mudah karena melawan penjajah, sedangkan pekerjaan kalian malah lebih sulit karena melawan bangsa sendiri". Sebuah perkataan yang membakar semangat nasionalisme kita untuk bisa bertahan dari neokolonialisme.
Pekerjaanku mudah karena melawan penjajah, sedangkan pekerjaan kalian malah lebih sulit karena melawan bangsa sendiri -Bung Karno-
Terakhir saya ingin mengomentari tentang pendapat-pendapat yang telah ada tentang buku ini. Seperti kita ketahui bahwa buku ini terbit satu tahun sebelum pemilu 2009 digelar. Apakah ini kemungkinan amien Rais akan mencalonkan kembali pada waktu itu nanti? Dan terkait pertanyaan tersebut, apakah buku ini adalah sarana kampanye beliau? karena dengan sangat jelas sekali beliau mengkritik secara tajam bahkan sadis terhadap dua pemimpin bangsa kita saat ini yaitu Megawati dan yudhoyono. Terlepas dari itu, menurut saya sah-sah saja jika ada anak bangsa yang bersuara sedemikian keras seperti ini. Karena itu perlu dan perlu dan perlu. Dan sekali lagi terlepas dari kampanye pemilu 2009, menurut saya buku ini perlu dibaca oleh semua kalangan demi menyadarkan diri kita yang telah tertidur. sebuah karya anak bangsa yang saya rekomendasikan untuk anda baca.

Terima kasih. Mohon maaf jikalau ada kesalahan. wallahualam bishowab.

Indonesia Merdeka!!!
Indonesia Bisa!!!


BANNER FREE MEMBER

Wednesday, August 20, 2008

Competition Days and Research Week (CDRW)


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam rangka memperingati Dies Natalis-nya bekerja sama dengan BEM Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mempersembahkan Competition Days and Research Week 2008 dengan tema "IT! inovation Today".

Acara ini mengajak masyarakat khususnya generasi muda se-Indonesia untuk berlomba-lomba menghasilkan karya IT sederhana tetapi kreatif dan penuh ide dalam bidang Web Design dan Problem Solving. Acara ini juga akan memamerkan hasil-hasil riset dari civitas academica fakultas ilmu komputer universitas indonesia.

Melalui acara ini diharapkan mayarakat semakin terpacu dan termotivasi melakukan riset dan menghasilkan karya IT yang cerdas,kreatif, artistik, dan bermanfaat. Secara luas, acara ini mencoba menjadi suatu bagian dari usaha untuk mendukung perkembangan teknologi informasi di Indonesia

Keterangan lebih lanjut http://cdrw.cs.ui.ac.id/

Best regards

Monday, August 18, 2008

Tan Malaka : Pahlawan masa lalu, masa kini, dan masa depan

Saya merasa ragu jika bertanya kepada anak-anak sekolah masa kini tentang nama Tan Malaka. Bahkan saya juga menjadi tambah ragu jika pertanyaan yang sama diberikan kepada orang-orang yang lahir pada masa orde baru ataupun masa reformasi sekarang ini.Saya ragu apakah mereka akan mengenalnya atau tidak. Majalah Tempo (Edisi 11-17 Agustus 2008) memberikan judul "Bapak Republik yang terlupakan" pada seorang Tan Malaka. Hal ini tidak mengherankan karena sejak awal proses kemerdekaan, figur Tan Malaka tidak begitu terlihat di lapangan, apalagi dengan ditutupinya peran beliau oleh bapak-bapak bangsa yang lainnya yang waktu itu sedang bersinar seperti Bung Karno, Bung Hatta, Pak Dirman, dll. Proses "melupakan" ini diperparah dengan kebijakan pemerintahan orde baru yang menyaring nama beliau dalam buku teks pendidikan sejarah Indonesia dikarenakan menganggap sosok Tan Malaka sangat akrab dengan ajaran Komunisme. sebuah pernyataan yang tak terbantahkan tapi merupakan keputusan yang merugikan sejarah Indonesia.

Tan Malaka yang merupakan alumni dari SMA negeri 2 Bukittinggi ini sebenarnya merupakan tokoh penting dan sentral dalam perjalanan Revolusi Indonesia. Namanya dikenal lewat karya-karyanya berupa buku-buku perjuangan yang diterbitkan sejak tahun 1920. Salah satu buku-buku yang terkenal adalah Naar de Republiek Indonesia/Menuju Republik Indonesia (1924), Massa Aksi(1926), Madilog(1943), dan juga Dari Penjara ke Penjara (3 Jilid,1948). Buku-buku itu menjadi pedoman pergerakan revolusi bangsa Indonesia. Nama-nama seperti Soekarno, Sukarni, Muhammad Yamin, Adam Malik membaca dan mengagumi karya-karya beliau. Bahkan bukunya yang berjudul "Massa Aksi" menjadi buku pegangan Bung Karno saat menjadi ketua Klub debat Bandung. Buku yang sama pula yang memberi inspirasi pada W.R. Supratman dalam menciptakan lagu Indonesia Raya. Dan yang lebih menakjubkan adalah bukunya yang berjudul Naar de Republiek Indonesia. Buku yang berbahasa belanda ini adalah buku pertama yang menggagaskan tentang adanya sebuah republik yang melawan Kolonialisme dan Imperialisme barat. Republik itu adalah Republik Indonesia. Buku itu dibuat jauh sebelum bung Karno dan bung Hatta menciptakan sebuah buku pergerakan. Oleh karena karya beliau itu, beliau dijuluki sebagai Bapak Republik oleh Muhammad Yamin.

Tidak hanya rakyat Indonesia saja yang mengagumi pemikiran beliau, para rakyat di eropa dan asia pun turut luluh dan terlecut rasa kebangsaannya setelah membaca karya beliau. Hal inilah yang menjadikan beliau selalu dikejar-kejar oleh negara-negara penjajah yang tidak menginginkan keberadaan beliau.

Setelah lulus SMA beliau melanjutkan pendidikannya di Belanda. Di sinilah beliau banyak belajar tentang ilmu politik. Selain belajar di bangku sekolah, beliau juga belajar langsung tentang keadaan yang sedang terjadi di daerah sekitarnya. Dan kebetulan beliau tinggal di perkampungan buruh dan kaum proletar lainnya. Di daerah inilah beliau semakin tertarik dengan ajaran Komunisme yang dianggapnya sebagai gerakan melawan kolonialisme dan imperialisme. Ketertarikannya inilah yang nantinya membawa beliau menjabat posisi teratas pada Partai Komunis Hindia-Belanda, Partai Komunis Indonesia, dan juga pengawas Komunis pada kawasan asia pasifik. Namun kecintaannya pada Komunis luntur sejalan dengan kepercayaannya bahwa PAN-Islam adalah salah satu elemen yang tidak bisa dilawan tetapi harus disejajarkan dengan ajaran Komunis yang berintikan penolakan terhadap kolonialisme dan Imperialisme. Singkat kata beliau ingin mengabungkan gerakan Anti kemapanan dengan ajaran Islam.

Sikap Tan Malaka yang mengganggap ajaran Komunisme harus bergabung dengan PAN-Islam disampaikan saat beliau menjadi perwakilan Indonesia pada Kongres Komunis Internasional ke-4 di Moskow yang diselenggarakan tahun 1922. Saat itu para peserta kongres kagum akan pemikiran beliau dan juga teknik orasi beliau. "Kongres memberi tepuk tangan yang ramai pada Tan Malaka, seolah-olah telah memberi ovasi padanya," tulis Gerard Vanter untuk harian de Tribune. Dari pemikiran beliau itu, para pengagumnya dibuat semakin bangga kepada beliau karena telah bisa mengambil apa-apa yang baik dari suatu ajaran. Ia seorang Marxis, tapi sekaligus nasionalis. Ia seorang komunis, tapi juga mengedepankan PAN-Islam untuk berjalan bersama dengannya. Ajaran islam dia dapatkan dari tanah kelahirannya di Minangkabau. Dan siapa sangka kalau ternyata dia adalah penghafal Al-Qur'an saat muda.

Tan Malaka yang memiliki kegemaran menulis dan bermain sepakbola ini, pada saat detik-detik proklamasi merupakan orang penting yang berada di belakang terjadinya proklamasi tersebut. Dari persembunyiannya di banten (red: saat itu menjadi buronan dan berganti nama menjadi Ilyas Hussein), tanggal 14 Agustus 1945 Tan Malaka pergi ke Jakarta untuk mengetahui informasi terkini tentang Jepang pada perang dunia kedua. Saat itu beliau pergi ke rumah BM Diah, ketua angkatan baru dan juga redaktur koran Asia Raya, satu-satunya koran yang terbit di Jakarta untuk mengetahui informasi yang diinginkannya. Setelah mendapatkan informasi dari Diah, Tan malaka berpendapat bahwa pimpinan revolusi kemerdekaan harus di tangan pemuda. Hal yang sama disampaikannya saat bertandang ke rumah Sukarni sehabis dari rumah BM. Diah. Saat itu Sukarni terkagum-kagum dengan pemikiran beliau dan setuju dengan pendapat beliau. Namun beliau lantas curiga dengan Tan Malaka yang saat itu bernama Ilyas Hussein. Sukarni curiga orang ini adalah mata-mata Jepang. Padahal dalam pikiran Sukarni sempat terbesit nama Tan Malaka ketika mendengar pendapat Ilyas hussein. Sukarni merasa pendapat ilyas hussein sama persis dengan buku yang ditulis oleh panutannya yaitu Tan malaka. Tan malaka sendiri saat itu menjadi pembicaraan orang banyak tentang karya besarnya serta hilangnya beliau karena dikejar-kejar belanda dan jepang. Bahkan saat itu terdengar kabar kalau Tan Malaka telah tewas dibunuh. Dan yang lebih menghebohkan lagi adalah banyak munculnya Tan Malaka palsu buatan Jepang agar para pemberontak dapat keluar dari bawah tanah karena terpancing oleh karisma Tan Malaka. Namun taktik itu tidak berhasil karena setelah diuji para Tan Malaka palsu tidak memiliki pemikiran yang sama dengan apa yang ada di buku.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, sukarni belum mempercayai bahwa ilyas Hussein adalah Tan Malaka yang asli. Oleh karena itu dia tidak banyak mengikutsertakan ilyas hussein dalam salah satu proses sejarah yang teramat penting yang lahir akibat diskusi antara Ilyas Hussein dan Sukarni pada hari sebelumnya tentang pimpinan revolusi kemerdekaan harus di tangan pemuda dan tanpa kompromi dengan Jepang. Peristiwa itu adalah pengamanan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok. Peran Tan Malaka semakin tidak terlihat setelah terjadinya pembacaan Teks proklamasi pada hari setelah peristiwa Rengasdengklok, dan dia tidak mengetahuinya padahal beliaulah aktor besar di balik semua itu, semangat pemuda dan juga dasar pemikiran Soekarno. Dalam buku Riwayat Proklamasi agustus 1945, Adam Malik melukiskan peristiwa itu sebagai "Kepedihan Riwayat". sukarni bertahun-tahun membaca buku politik Tan. Tapi pada saat ia membutuhkan pikiran dari orang sekaliber Tan, Sukarni enggan bertanya siapa Hussein sesungguhnya. "Ia malah membiarkannya pergi jalan kaki, lepas dari pandangan mata," kata Adam Malik.

Setelah Proklamasi kemrdekaan berlangsung, Tan pergi ke rumah Teman satu almamater dengan beliau di Belanda, teman itu adalah Ahmad subarjo. subarjo yang saat itu ada di rumah keget dengan kedatangan Tan. Beliau mengetahui bahwa Tan telah tewas, tetapi terbukti berita itu tidak benar. Setelah itu beliau dikenalkan oleh bung Karno oleh subarjo. Bung Karno yang saat itu mengidolakan Tan Malaka, semakin kagum setelah berdiskusi dengan beliau. Setelah membentuk pemerintahan bung Karno membuat Testamen Politik yang menetapkan Tan Malaka sebagai pengganti dirinya jika Soekarno-Hatta ditawan oleh Belanda dan tentara Sekutu. Testamen itu dibuat setelah Soekarno mendengar prediksi Tan Malaka bahwa Belanda akan kembali datang setelah proklamasi kemerdekaan. Dan prediksi itu tepat.

Dua minggu bersama bung Karno,Tan merasa kecewa dengan sikap bunga Karno dan Hatta yang masih berkompromi dengan Jepang yang masih ada di Indonesia. Beliau juga merasa kecewa dengan masih adanya rasa takut pada rakyat Indonesia untuk melawan Jepang yang saat itu telah kalah. Kemudian dengan tokoh pemuda seperti Sukarni beliau merencanakan menggelar aksi massa sesuai yang tercermin pada bukunya Massa Aksi pada tanggal 17 September 1945. Aksi massa itu dikenal dengan Rapat Akbar di Lapangan Ikada. waktu pelaksanaannya sendiri mundur dari jadwal sehingga baru bisa berlangsung pada tanggal 19 September 1945. Pada aksi massa itu, Tan Malaka bermaksud untuk membangkitkan semangat rakyat bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan lagi. untuk menambah semangat, Tan mengundang seluruh jajaran pemerintahan. Namun Tan merasa kecewa dengan pidato yang disampaikan oleh soekarno karena dianggap masih bersifat diplomatis dan tidak mencerminkan massa aksi dari rakyat,oleh Rakyat, dan Untuk Rakyat.

Setelah peristiwa di lapangan Ikada tersebut, Tan Malaka diminta oleh Soekarno untuk menjadi bagian dalam pemerintahan Indonesia. saat itu Tan menolak karena merasa pemerintahan yang ada masih mengutamakan unsur diplomasi kepada Jepang. "Orang tak akan berunding dengan maling di rumahnya sendiri," kata Tan Malaka.Hal ini diperparah lagi dengan dipimpinnya pemerintahan kala itu oleh Sutan Syahrir sebagai perdana mentri. Syahrir adalah sosok yang sangat bertentangan dengan dirinya. Syahris seorang sosial-demokrat. Kemudian karir politik Tan Malaka berlanjut dengan membentuk beberapa partai. salah satunya adalah Partai Murba. Padahal sebelumnya Tan malaka telah mendirikan Partai Republik Indonesia di Thailand pada tahun 1927.

Pemikirannya tentang tak ada kompromi dengan pihak penjajah diamini oleh sudirman yang kala itu menjabat sebagai panglima besar TNI RI. Pak Dirman menganggap kemerdekaan seratus persen adalah mutlak. Karena persamaan pendapat ini beliau dekat dengan Tan Malaka. Kedua orang ini disebut Dwitunggal dan disamakan dengan Soekarno-Hatta dan Amir Syarifudin-syahrir oleh Adam Malik.Duet ini ditambah kompak setelah Pak Dirman sepakat dengan pemikiran Tan Malaka dalam Buku Gerilya Politik Ekonomi tulisan Tan Malaka. Pak Dirman dan Tan Malaka berkerjasama dalam mengatasi Agresi militer belanda kedua, padahal saat itu Tan Malaka sedang menjadi buronan pemerintah RI karena dianggap merencanakan kudeta.Saat syahrir mengutus orang untuk membesmi Tan Malaka, pak Dirman pun mengutus orang untuk membasmi pasukan yang hendak menagkap Tan Malaka. Namun utusannya itu ditangkap oleh Letkol Soeharto(presiden Ri ke-2) setelah melakukan aksinya.

Pada saat Agresi militer belanda kedua, belanda berhasil menawan Soekarno, Hatta, Syahrir, Haji agus salim. Namun pak Dirman berhasil meloloskan diri dan melaksanakan perang gerilya di pelosok pulau jawa. Begitu pula dengan Tan Malaka, beliau bersama Mayor sabarudin dan 50 pengawal bergerak melaksanakan perang gerilya juga. Namun beliau dengan tragis tewas di tangan batalion pimpinan Soekotjo(selanjutnya menjabat Walikota surabaya) di dusun Selopanggung, semen, Kediri, di kaki gunung Wilis, Jawa Tmur. Beliau tewas di tangan angkatan perang negara yang dia idam-idamkan sejak lama. Sungguh ironis dan tragis. Baru pada tahun 1963, beliau ditetapkan sebagai pahlawan Nasional oleh presiden soekarno. sementara itu sejak kematiannya, para pengikut setianya sperti Sukarni, adam Malik, chaerul Saleh, dan muhammad Yamin terus menyerukan pemikiran beliau dan membesarkan partai Murba. Partai "Musyawarah rakyat banyak" yang ada kenyataannya tidak pernah sukses dalam pemilu. Hal ini dikarenakan isu ajaran komunis yang ada pada partai ini. padahal bukan Komunis yang ada di balik pandangan hidup partai ini.

Banyak cerita beliau yang tidak sempat ditulis di sini. Hal ini dikarenakan kisah beliau yang amat panjang dan juga membanggakan. Kisah-kisah seperti khayalan beliau tentang adanya republik Indonesia yang meliputi seluruh wilayah di ASEAN tidak sempat ditulis. Padahal beliau menjadikan filiphina sebagai tanah keduanya dan menyebutnya dengan sebutan Indonesia Utara dan juga mendirkan partai republik Indonesia di Bangkok, Thailand.

Sungguh besar jasa beliau terhadap pergerakan revolusi di Indonesia. Pandangannya tentang Indonesia bersatu dan sebagai tanah tumpah darah begitu kental mengalir di darahnya. Sayang nama beliau terlupakan oleh keadaan yang ada, padahal beliau adalah orang yang sangat vital bagi pergerakan revolusi Indonesia. Ajaran beliau yang masih relevan dilaksanakan sekarang adalah jangan pernah melakukan diplomasi dengan penjajah. kita harus merdeka seratus persen. merdeka dari kolonialisme dan imperialisme modern. Program-program Tan Malaka saat jaman kemerdekaan dulu saya rasa masih relevan untuk dijalankan dengan kondisi yang berbeda.Program-program itu adalah antara lain :
  1. Berunding atas pengakuan kemerdekaan 100%
  2. Melucuti tentara Jepang
  3. Menyita aset perkebunan milik belanda
  4. Menasionalisasi industri milik asing yang beroperasi di Indonesia

Sekarang adalah bagaimana sikap kita belajar dari Sejarah yang ada. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya serta belajar dari kesalahan masa lampau. Merdekakan diri kita dari belenggu kebodohan, kemiskinan serta imperialisme modern serta berusahalah menjadi bermanfaat demi keluarga, negara, bangsa dan juga Agama.

Indonesia Merdeka!!
Indonesia Bisa!!


Dirangkum dari berbagai sumber.


BANNER FREE MEMBER

Friday, June 27, 2008

Jaket BEM Fasilkom

Pengumuman


Bagi Anggota BEM Fasilkom UI 2007/2008 yang ingin mendapatkan Jaket Kenangan BEM Fasilkom, Harap segera memberi kabar kepada Mantan Kabid/bir-nya tentang Ukuran Jaket pemesan serta inisial yang akan terpampang pada jaket tersebut( Maksimal 6 huruf/digit).

Para pemesan hanya dikenakan biaya paling maksimal 30.000 rupiah setiap orangnya karena sebagian besar atau sekitar 70% akan disubsidi.

Pengumuman ini berlaku sampai pertengahan bulan juli yaitu pada tanggal 20 Juli 2008.
Demikian maklumat ini saya sampaikan untuk segera dilaksanakan.
Terima kasih

Berikut gambar desain jaketnya :
Thanks buat Reza Benaji yang telah membuat desain jaket.
Tampilan Belakang akan tertera dua tulisan yaitu:
1. BEM FASILKOM UI, dan
2. HTTP://BEM.CS.UI.AC.ID

Sebarkan Maklumat Ini ! :p

Tuesday, June 17, 2008

Beberapa Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah


  1. Sholat wajib tepat waktu, selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah
    Dengan sholat, berdo'a dan dzikir kepada Allah, Inya Allah hati menjadi tenang, damai dan makin dekat dengan-Nya
  2. Sholat tahajud
    Dengan sholat tahajud Insya Allah cenderung mendapatkan perasaan tenang. Hal ini dimungkinkan karena di tengah kesunyian malam didapatkan kondisi keheningan dan ketenangan suasana,yang tentu saja semua itu hanya dapat terjadi atas izin-Nya. Pada malam hari, diri ini tidak lagi disibukkan dengan urusan pekerjaan ataupun urusan-urusan duniawi lainnya sehingga dapat lebih khusyu saat menghadap kepada-Nya.
  3. Mengingat kematian yang dapat datang setiap saat
    Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita. Dan dapat secepat kilat menjemput.
  4. Membayangkan tidur di dalam kubur.
    Membayangkan tidur dalam kuburan yang sempit , gelap dan sunyi saat kita mati nanti. Semoga amal ibadah kita selama di dunia ini dapat menemani kita di alam kubur nanti.
  5. Membayangkan kedahsyatan siksa neraka.
    Azab Allah sangat pedih bagi yang tidak menjauhi larangan-Nya dan tidak mengikuti perintah-Nya. Ya Allah jauhkanlah kami dari siksa neraka-Mu, karena kami sangat takut akan siksa neraka-Mu.Ya Allah bimbinglah kami agar dapat memanfaatkan sisa hidup kami untuk selalu dijalan-Mu.……
  6. Mengikuti tausyiah atau mengikuti pengajian secara rutin seminggu satu kali (minimal), dua kali atau lebih. Insya Allah... dengan mendengar tausyiah atau mengikuti pengajian, akan meningkatkan keimanan karena selalu diingatkan kembali utk selalu dekat kpd Allah SWT. Perlu dicatat, dikarenakan iman bisa turun atau naik, maka harus dijaga agar iman tetap stabil pada keadaan tinggi/ kuat dengan mengikuti tausyiah, pengajian dsb.
  7. Bergaul dengan orang-orang sholeh.
    Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tingkat keimanan kita bisa turun atau naik, untuk itu perlu dijaga agar tingkat keimanan kita tetap tinggi. Berada pada lingkungan kondusif dimana orang-orangnya dekat dengan Allah SWT, Insya Allah juga akan membawa kita untuk makin dekat kepada-Nya.
  8. Membaca Al Qur'an dan maknanya (arti dari setiap ayat yang dibaca)
    Insya Allah dengan membaca Al Qur'an dan maknanya, akan menjadikan kita makin dekat dengan-Nya.
  9. Menambah pengetahuan keislaman dengan berbagai cara, antara lain dengan : membaca buku, membaca di internet (tentang pengetahuan Islam, artikel Islam, tausyiah dsb), melihat video Islami yang dapat meningkatkan keimanan kita.
  10. Merasakan kebesaran Allah SWT, atas semua ciptaan-Nya seperti Alam Semesta (jagad raya yang tidak berbatas) beserta semua isinya.
  11. Merenung atas semua kejadian alam yang terjadi di sekeliling kita (tsunami, gunung meletus, gempa dsb). Dimana semua itu mungkin berupa ujian keimanan, peringatan, atau teguran bagi kita agar kita selalu ingat kepada-Nya/ mengikuti perintah-Nya. Bukan makin tersesat ke perbuatan maksiat atau perbuatan lain yang dilarang oleh-Nya. Ya Allah kami mohon bimbingan-Mu agar kami dapat selalu introspeksi atas semua kesalahan yang kami perbuat, meninggalkan larangan-Mu dan kembali ke jalan-Mu ya Allah.
  12. Mensyukuri begitu besar nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT
    Jangan selalu melihat ke atas, lihatlah orang lain yang lebih susah. Begitu banyak nikmat yang diberikan oleh-Nya.Saat ini kita masih bisa bernafas, masih bisa makan, bisa minum, masih mempunyai keluarga, masih mempunyai apa yang kita miliki saat ini,masih mempunyai panca indera mata, hidung, telinga dan...masih bisa bernafas (masih diberi kesempatan hidup). Masih pantaskah kita tidak bersyukur dan tidak berterimakasih pada-Nya.
  13. Membayangkan surga-Nya.
    Kesenangan duniawi hanya bersifat sementara, sangat singkat dibanding dengan kenikmatan di akhirat yang tidak dibatasi waktu.Semoga kita dapat selalu mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dan Insya Allah diizinkan untuk meraih Surga-Nya. Amin…..

from tausyiah-online.com

~Semoga dimudahkan dan selalu diberi Hidayah-Nya..Amin
BANNER FREE MEMBER

Tuesday, May 27, 2008

Some Goodies From IGOS Summit 2

Ada beberapa pengalaman menarik saat mengikuti acara IGOS Summit 2. Sebelumnya ini adalah acara kedua yang saya hadiri setelah pagelaran ICT EXPO 2008 di Kemayoran yang belum sempat saya buat laporannya( maaf ya buat arya ^_^). Yah pada akhirnya saya menjalani hari ini dengan sedikit senang. Sebenarnya teramat senang, tetapi karena ada masalah tentang Tugas Akhir sehingga parameter senangnya berkurang.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari acara ini. Pertama sekali adalah niat. Kenapa niat? karena niat amatlah penting dalam menjalani sesuatu kegiatan. Dan untungnya saya sudah mempunyainya sejak kurang lebih satu bulan yang lalu. sebab kalau saya tidak mempunyainya maka saya akan putar haluan pulang ke rumah atau ke kampus karena melihat kemacetan kota Jakarta. Tetapi karena niat, saya menganggap itu adalah tantangan yang harus dihadapi.

Kedua adalah saya bisa tahu banyak tentang dunia IT lebih mendalam khususnya dunia Free/Open Source Software. Dalam acara ini banyak disuguhkan stand-stand tentang distro linux dan juga perusahaan yang berbasis Open Source.

Ketiga, saya bisa berkenalan dengan teman-teman dari UGM, ITB, UPI, dan BSI. Teman-teman yang saya maksud ini adalah teman-teman yang khusus bergerak dalam lingkup Open Source. UGM dengan UGOS-nya, dan UPI dengan distro Q-H4jar-nya. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari mereka. walupun saya menjalaninya baru satu hari. semoga esok lebih banyak pelajaran yang saya dapatkan. Amin..

Ke-empat ialah saya banyak bawa oleh-oleh. Seperti dengan seminar pada umumnya, acara ini tentunya dipermanis dengan bingkisan-bingkisan yang diberikan kepada peserta saat registrasi. Namun pada acara ini saya banyak menemukan goodies yang "bermanfaat" alias buku. Ini sedikit menghibur saya karena bulan ini saya belum membeli buku satupun. Berikut adalah barang-barangnya:
  1. Kumpulan CD Linux/Open Office/Company Profile:
    1. OpenOffice 2.4.0
    2. IGOS Nusantara DwiWarna profile
    3. BlankOn 3 Lontara - Hardy Heron ( 2 pcs)
    4. Edubuntu - Hardy Heron
    5. Ubuntu Muslim Edition Desktop Version- Feitsy Gibbon
    6. IGOS Nusantara Dwiwarna installer
    7. IGOS Nusantara DwiWarna Repository
    8. Ubuntu Desktop Version - Hardy Heron
    9. PCLinuxOS 2007
    10. JATIS Company Profile
  2. Satu set Ensklopedia Keamanan Sistem Informasi II lengkap dengan CD masing-masing, yang berisi:
    1. Tutorial interaktif Instalasi Komputer Forensik, Menggunakan aplikasi Open Source
    2. Tutorial interaktif Implementasi Media Streaming server berbasis Open Source
    3. Tutorial interaktif Sistem Instalasi Keamanan dan VOIP menggunakan Session Initiation Protocol (SIP)
    4. Tutorial interaktif Keamanan Web Server mengunakan IPv6
    5. Tutorial interaktif Instalasi Intrution Prevention System berbasis open Source
  3. Majalah Biskom Edisi Mei 2008 - Indonesia Modern Dengan UU ITE
  4. Buku Kerangka Acuan dan Pedoman Interoperabilitas sistem Informasi Instansi Pemerintah
  5. Direktori Open Source Indonesia 2008
  6. Panduan Pengunaan dan Instalasi BlankOn 3-Lontara
  7. Satu set panduan OSS :
    1. Petunjuk Instalasi IGOS Nusantara
    2. CMS,CRM, dan ERP
    3. Konfigurasi Server Linux
    4. RDBMS: MySQL
    5. Bahasa Pemograman Open Source
    6. Aplikasi Untuk Server
    7. Perangkat Lunak Bebas dan Open Source
    8. Aplikasi Perkantoran OpenOffice.org
  8. SanDisk Cruzer Micro USB Flash Drive 1.0 GB
Dan akhirnya ketika akan dibawa pulang ternyata teramat sulit karena berat. Saya jadi bingung untuk membawa semua barang-barang ini. Bukan maksud untuk serakah tetapi saya pikir barang-barang ini akan berguna bagi saya ataupun untuk teman-teman saya. :) Untung ada tas kain sederhana dari IGOS Summit 2 sehingga saya bisa membawa semuanya.

Oia, goodies yang terakhir tidak semua orang bisa dapat. Saya dapat karena saya menang quiz. Quiz dengan pertanyaan aneh, " Siapa nama kecilnya Sudirman?", itu kan pertanyaan gampang, tetapi nggak ada yang bisa jawab.hehehe..rejeki memang nggak kemana ^^. Dan Goodies yang amat saya sukai adalah Flashdisk dan juga Ensklopedia.

Terakhir semoga besok lebih banyak cerita dan pengalaman yang didapatkan.Dan tentunya lebih banyak Goodies lagi..hehehe..eh kalau ada yang mau minjam salah satu barang di atas bilang aja ya..

IGOS Summit 2 Report,Day 1

Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Dengan mengusung seratus tahun kebangkitan bangsa, acara ini dikemas begitu apik sehingga timbul kesan positif terhadap penyelenggaraan acara tersebut. Kesan positif yang dibentuk adalah antara lain dari antusiasme pendaftar yang mengikuti acara ini serta antusiasme para sponsor dalam mendukung acara ini. Dan tidak lain dan tidak bukan nama acara tersebut adalah IGOS Summit 2.

IGOS atau dapat dijelaskan dengan kepanjangan dari "Indonesia, Go Open Source" merupakan suatu gerakan kesadaran IT Indonesia terhadap keberadaan dan pengembangan Free/Open Source Software bagi kemajuan bangsa Indonesia pada umumnya serta pengembangan Teknologi Informasi di Indonesia pada khususnya. Acara tahun ini sendiri merupakan peringatan 2 tahun tercetusnya gerakan ini. Selain bertujuan untuk mengingatkan kembali pada rakyat Indonesia tentang gerakan ini, acara ini juga bertujuan untuk menambah semangat dan usaha terhadap gerakan ini dengan didukungnya gerakan ini oleh 18 kementrian Kabinet Indonesia Bersatu. Dukungan ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun 2004 yang hanya didukung oleh 5 kementrian saja. Tentu saja kementrian yang paling besar dukungannya adalah Departemen Komunikasi dan Informatika serta Kementrian Riset dan Teknologi.

Acara IGOS Summit 2 sendiri dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2008 dan bertempat di Jakarta City Center, Jakarta Pusat. Waktu ini sebenarnya mundur dari rencana semula yang jatuh pada awal Mei dan tempat pelaksanaan acaranya sendiri merupakan tempat yang strategis karena berlokasi di jantung ibukota. walaupun sebenarnya agak sulit dijangkau oleh penulis karena tempat itu baru selesai masa pembangunannya.Tetapi tempatnya lumayan untuk dijadikan arena seminar.

Pada hari pertama acara ini dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Muhammad Nuh dan juga Menteri Riset dan Teknologi, Bapak Kusmayanto K. Yang membuat saya tertegun untuk berpikir adalah ternyata dua orang menteri yang membawahi bidang yang langsung terkait dengan IT itu adalah mantan rektor dari dua institut negeri ternama yang juga kuat dalam IT-nya. Dua universitas itu adalah ITB dan ITS. Pak nuh dari ITS dan Pak Kusmayanto dari ITB. Yang membuat saya bertanya adalah kapan waktunya giliran perwakilan dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk memimpin salah satu atau kedua-duanya dari departemen tersebut. Walaupun hal itu tidak menjadi suatu keharusan selama yang memimpin departemen-departemen tersebut adalah orang yang cakap di bidangnya. Mungkin waktu yang akan menjawabnya.

Pada pembukaannya pak Nuh menuturkan bahwa Indonesia membutuhkan kesadaran untuk bangkit dengan cara meninggalkan budaya-budaya egois. Secara eksplisit lagi beliau menegaskan dalam "tausyiahnya" tentang keadaan bangsa ini yang bobrok serta harapan masyarakat Indonesia pada masa depan. Lalu pak Kusmayanto menambahkan dalam pembukaannya tentang realita IT di Indonesia saat ini. Kurang lebih isi pembukaan dari pak Nuh dan pak Kusmayanto hampir sama sehingga tidak banyak yang bisa diceritakan.

Acara selanjutnya ialah Keynote speech dari Ketua Dewan Koperasi Indonesia. Dalam penjelasannya beliau menuturkan tentang penggunaan IT dalam institusinya khususnya penggunaan Free Software. Walaupun pembicaraannya lebih berat kepada sisi teknis dunia koperasi tetapi peserta seminar tetap dapat merasakan esensi IT dalam pengembangan intitusi tersebut. Tak banyak yang bisa diceritakan dari sesi ini.

Setelah sesi Keynote speech acara selanjutnya adalah penghargaan terhadap individu dan institusi yang telah membantu perkembangan IGOS. Bentuk bantuannya meliputi sosialisasi,pengembangan serta bantuan lainnya yang bisa membangun IGOS. Dari kategori institusi sendiri adalah berasal dari BUMN, Swasta, LSM, serta pemerintah daerah. Setelah itu ada juga pengumuman pemenang desain logo IGOS. Kagetnya, ternyata hadiah untuk lomba ini adalah 10 juta Rupiah. Hadiah yang sangat besar.

Setelah sesi tersebut acara diselingi dengan istirahat untuk makan siang dan Sholat Dzuhur. Dan setelah istirahat selesai, acara akan dilanjukan dengan Talkshow "Free/Open Source Software Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Penggunaan Software Ilegal" yang akan didisi oleh BapakFaisal dari Unit Cybercrime Mabes POLRI, Bapak Andy Noorsaman dari Dirjen HKI-Departemen Hukum dan HAM, Bapak Anjar H. dari Perwakila pengusaha warnet,Bapak Arief Mudatir dari perwakilan anggota DPR komisi I, lalu yang terakhir adalah Bapak Donny A. dari Bussiness Sofware Alliance. Talkshow-nya sendiri akan dimoderatori oleh Bapak Cahyana Ahmadjayadi,Dirjen Aplikasi Telematika- Depkominfo.

Sebenarnya saya sudah cukup mengenal tiap-tiap pembicara dan moderator. Yang pertama adalah Bapak Andy N, yang kebetulan menjadi pembicara pada seminar nasional Open Source yang diadakan oleh Beastudi Etos, saat itu saya menjadi moderatornya. Kedua, Bapak Donny yang menjadi pembicara saat sosialisasi BSA di kampus Fasilkom UI, saat itu kebetulan saya yang mengurus acara tersebut. Dan yang terakhir adalah pak Cahyana yang merupakan salah satu pembicara saatSeminar Nasional IT Governance di Menara Bidakara, saat itu saya adalah panitia.Jadi saya sudah cukup bisa menebak akan kemana arah diskusi ini.

Talkshow sendiri berjalan amat seru dengan diawali dengan penuturan singkat dari tiap-tiap pembicara. Walaupun teramat singkat penuturannya tetapi sudah cukup jelas penjelasannya tentang pengetahuan dari latar belakang masing-masing. Klimaks talkshow tentunya adalah pada saat sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini banyak sanggahan,komentar miring, pertanyaan pesimis yang ditujukan terhadap tiap-tiap pembicara. Lebih-lebih pertanyaan yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual dan juga pertanyaan yang diajukan kepada perwakilan dari Bussiness Software Alliance. Namun ternyata para pembicara dapat menjawabnya dengan baik dan bijak. Dan pada kesimpulannya semua berpendapat bahwa perlu adanya kesadaran dari tiap warga IT indonesia pada khususnya tentang penghargaan terhadap karya seseorang. Selain itu, disimpulkan juga bahwa antara propierty software dengan free software bukanlah sesuatu yang berlawanan dan menjadi dua kutub yang berjauhan. Tetapi kedua hal itu merupakan pilihan yang perlu disikapi secara bijaksana oleh para pemilihnya. Sebuah kesimpulan yang menggambarkan happy ending menurut saya.

Pada akhirnya acara pada hari pertama ini berlangsung sukses dengan tentunya masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Kesimpulan hari pertama adalah kita harus sadar betul untuk bisa keluar dari krisis egois diri kita dengan cara menghormati setiap karya atau pendapat orang lain. Kseimpulan yang lebih penting adalah kita harus bangkit menjadi bangsa yang maju dengan salah satu jalan yang ada di depan mata kita ini yaitu dunia Free/Open Source Software. Bangkit IT, Bangkit Negeriku. Indonesia Bisa!

Sunday, May 25, 2008

Info Lengkap UMB UI, SNMPTN, PPKB UI, KSDI UI, dan Jalur Prestasi



Tahun ini Universitas Indonesia akan menerima sebanyak 4.500 mahasiswa
baru untuk program S1 Regular dari berbagai jalur. Jalur tersebut
antara lain:

Ujian Masuk Bersama (UMB)
Kuota yang diberikan : 2290 kursi (50,89% dari total keseluruhan)
Pendaftaran : 26 Mei - 3 juni 2008
Ujian Seleksi : 7 Juni - 8 Juni 2008
Biaya pendaftaran : IPA/IPS : Rp 175.000,00 IPC : Rp 200.000,00
Materi Ujian : Sama seperti SNM-PTN
Pengumuman : 21 Juni 2008
Cara pendaftaran
1.Perorangan: dilakukan di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tanggal 26 Mei – 30 Mei 2008 di Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur
Pembayaran melalui rekening BNI.
* IPA : 8273008817
* IPS : 8273008828
* IPC : 8273008839
2.Kolektif: melalui sekolah masing-masing

Pendaftaran di wilayah lain hubungi panitia lokal terdekat di Medan (Kampus USU), Padang (Kampus UNP), Yogyakarta (Universitas Widya Mataram), Surabaya (Gedung Amarta-Kopertis wilayahVII Jl.Kertajaya Indah Timur No.55), Makasar (Kampus UNHAS)


Kelengkapan pendaftaran
  1. fotokopi STTB/tanda kelulusan dilegalisir dan aslinya (bagi lulusan 2006-2007) atau fotokopi raport kelas 1 dan 2 dilegalisir, atau kartu peserta ujian nasional, atau surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan ybs. telah mengikuti ujian nasional dan benar murid sekolah tersebut (lulusan 2008)
  2. fotokopi KTP atau kartu OSIS atau surat keterangan dari sekolah (yang belum memiliki KTP)
  3. 3 lembar pas foto terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4 x 6

Ujian seleksi 7 Juni - 8 Juni 2008
diselenggarakan di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, dan tempat-tempat yang ditentukan kemudian.

Kamu tidak perlu takut, UMB ini tidak menerapkan sumbangan minimal
apapun apabila kita lulus seleksi nanti. Seperti yang kita tahu, PTN
yang membuka jalur mandiri seperti UM-UGM, USM-ITB, SMU UNPAD, PMDK
UNAIR, diwajibkan mengisi sumbangan minimal dengan kisaran angka yang
cukup besar. Akan tetapi, UMB tidak demikian! Di UMB ini tidak ada
sumbangan apapun yang dibebankan kepada mahasiswa baru ketika diterima
di UI nanti. Biaya pendidikan S1 Regular di UI yang lulus dari jalur
UMB ini SAMA DENGAN biaya pendidikan S1 Regular UI yang lulus dari
jalur SNM-PTN/SPMB.

UI juga menyediakan beasiswanya bagi mahasiswa program Sarjana Reguler
melalui program BEASISWA SERIBU ANAK BANGSA dan dari YAYASAN BANTUAN
PENDIDIKAN UNIVERSITAS INDONESIA.

Tersedia fasilitas asrama bagi mahasiswa yang berasal dari luar
JABODETABEK.

Catatan : Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
terlebih dahulu.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri /SPMB
Kuota yang diberikan : 900 kursi (20% dari total keseluruhan)

Pendaftaran : 16 Juni - 28 Juni 2008
Ujian Seleksi : 2 Juli - 3 Juli 2008
Biaya Pendaftaran : IPA/IPS : Rp 150.000,00 IPC : Rp 175.000,00
Tempat Pendaftaran : Panitia Lokal PTN Seluruh Indonesia
Mater Ujian :
Ujian SNM-PTN dibagi menjadi dua hari, yaitu hari pertama dan hari kedua.
Hari Pertama diikuti oleh seluruh Kelompok Ujian IPA/IPS/IPC :
Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Hari Kedua dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok IPA dan kelompok
IPS.
Untuk Kelompok IPA/IPC : Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan
IPA Terpadu
Untuk Kelompok IPS/IPC : Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan IPS Terpadu

Catatan : Informasi tentang pelaksanaan SNM-PTN 2008 bisa berubah
sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ketentuan serta
tata cara pendaftaraan akan diumumkan lebih lanjut.

Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (tanpa tes)
Kuota yang diberikan : 450 Kursi (10% dari total penerimaan keseluruhan)

Dalam rangka pemerataan kesempatan belajar, UI mengirimkan undangan
kepada siswa SMA yang berprestasi diseluruh wilayah Indonesia untuk
masuk UI. Demi standarisasi mutu, khusus bagi mahasiswa yang diterima
melalui PPKB harus mengikuti program matrikulasi mata kuliah tertentu
selama kurang lebih empat minggu. Siswa SMA yang mendapatkan Undangan,
harus datang sendiri pada saat pendaftaran. Jika tidak datang dianggap
mengundurkan diri. Acuan yang digunakan untuk menentukan SMA yang
diikutsertakan pada program ini antara lain:

1. Prestasi yang dicapai oleh lulusan SMA yang bersangkutan dalam
Ujian Tulis UMPTN/SPMB tahun-tahun sebelumnya.
2. Prosentase lulusan SPMB dari SMA yang bersangkutan pada tahun
sebelumnya
3. Prestasi mahasiswa UI yang berasal dari SMA yang bersangkutan
4. SMA di seluruh peloksok tanah air, terutama yang peserta didiknya
tidak/belum ada atau hanya sedikit berkesempatan belajar di UI.

Quote:
* Jurusan IPA :
Kelas 1 (kelas10) sampai dengan semester 1 kelas 3 (kela12) termasuk
dalam 5 peringkat terbaik di kelas.
* Jurusan IPS dan Bahasa:
(1) Kelas1 (kelas10) sampai dengan kelas 2 (kelas11) termasuk dalam 10
peringkat terbaik di kelas.
(2) Semester1 Kelas 3 (kelas12) termasuk dalam 5 peringkat terbaik
di kelas.

Kerja Sama Daerah dan Industri (KDRI)
Kuota yang diberikan : 800 kursi (17,78% dari total keseluruhan)

Kerja Sama Daerah dan Industri (KSDI) bertujuan untuk membantu daerah
dengan menyediakan SDM berkualitas, dan meningkatkan kesempatan
belajar bagi lulusan SMA yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

Penerimaan mahasiswa melalui KSDI mempunyai sasaran sebagai berikut:
1. Memberikan kesempatan yang lebih luas kepada putera-puteri daerah
di seluruh Indonesia, lulusan terbaik dari SMA, yang didukung oleh
pemerintah daerah dan industri dalam pembiayaan kuliah dan/atau hidup
selama pendidikannya di Universitas Indonesia;
2. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Indonesia, mereka
diharapkan kembali ke daerah, untuk membangun bangsa, sesuai dengan
keahlian masing-masing.

Syarat-syarat

Para lulusan SMA yang dapat diikutsertakan dalam program ini harus
memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Siswa Peringkat kelas 1รข€"10, dari semester 1 s.d. 5;
2. Memiliki ijazah yang berumur maksimum 2 tahun, sejak siswa lulus
dari SLTA;
3. Pelamar yang memiliki prestasi khusus di bidang yang sesuai dengan
program yang dituju, akan mendapat prioritas untuk diterima;
4. Diutamakan siswa yang berasal dari SMA di luar Jabodetabek.

Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan melengkapi dokumen sebagai berikut:
1. Mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran Universitas Indonesia;
2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu
rupiah) melalui rekening Seleksi Ujian Masuk, Bank BNI Cabang UI
Depok, No. 000.670.6430;
3. Fotokopi rapor SMA/Madrasah Aliyah Negeri (MAN)/SLTA-lain yang
sederajat;
4. Surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa siswa yang
bersangkutan tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat
mengganggu kelancaran belajar;
5. Fotokopi akta kelahiran atau surat kenal lahir;

Informasi termutakhir tentang jalur KDRI bisa diliat di
www.penerimaan. <
http://www.penerima an.ui.edu> ui.edu


Prestasi Olimpiade Keilmuan tingkat Nasional dan Internasional,
Prestasi Olahraga dan Seni
Untuk Prestasi Olimpiade keilmuan 30 kursi dan Untuk Prestasi Olahraga
dan Seni 30 Kursi.
(1,33% dari total keseluruhan daya tampung UI yang
diberikan)

BANNER FREE MEMBER

Friday, May 23, 2008

Info Tambahan UMB UI



Klik link di bawah:

Info Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Program Sarjana Reguler

Informasi Tambahan (PENTING!):

1. Pendaftaran UMB secara perorangan dilakukan di Kampus UNJ tanggal 26 Mei-3 Juni 2008 (bukan 22-30 Mei 2008)

2. Pembayaran melalui rekening BNI.

  • IPA : 8273008817
  • IPS : 8273008828
  • IPC : 8273008839

Monday, May 19, 2008

Info Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Program Sarjana Reguler



Proses Penerimaan mahasiswa UI yang seleksi tahun 2007 dilakukan melalui PPKB (Prestasi dan Pemerataan kesempatan belajar) dan SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) pada tahun 2008 ini dilakukan melalui PPKB, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan UMB (Ujian Masuk Bersama). SNMPTN adalah seleksi penerimaan nasional yang diselenggarakan Panitia yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional yang ujiannya diselenggarakan tanggal 2—3 Juli 2008.
Ujian Masuk Bersama (UMB) adalah Seleksi Ujian Masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bekerjasama dengan Perhimpunan SPMB Nusantara dalam kegiatan yang diberi nama Ujian Masuk Bersama. Calon Mahasiswa dapat memilih salah satu atau kedua ujian seleksi tersebut untuk diterima menjadi mahasiswa UI.

Biaya Pendidikan
Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui seleksi PPKB, SNMPTN dan UMB adalah sama, ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan.

Jalur Penerimaan

Daya Tampung

BOP (per semester)

Uang Pangkal (semester 1 tahun 1)

PPKB

450

Disesuaikan dengan penghasilan penanggung biaya pendidikan :

  • Utk IPA Rp 100.000 s.d Rp 7.5 juta
  • Utk IPS Rp 100.000 s.d 5 juta

Rp 25 jt (FK, FKG, FT, Fasilkom)
Rp 10 jt (FE, FISIP, FH, FPSI)
Rp 5 jt (FKM, FIK, FMIPA, FIB)
Tersedia fasilitas Beasiswa

SNM-PTN

900

UMB

3318

Ditambah DKFM Rp. 100.000 per semester dan DPP Rp 600.000 sekali saja disemester 1 tahun 1

Cara Pendaftaran UMB
Pendaftaran UMB di Jakarta dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendaftaran cara kolektif melalui sekolah dan pendaftaran cara perorangan.

Peserta pendaftaran cara perorangan dilakukan di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tanggal 26 Mei- 3 Juni 2008 di Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur. Peserta pendaftaran cara kolektif mendaftar melalui sekolah masing-masing kemudian diteruskan sekolah melalui Sub Rayon Ujian Nasional SMA dan SMK di Jakarta atau ke Sekretariat Panitia Lokal Jakarta PSPMB-UMB di Jl Salemba Raya 4 Jakarta Pusat telp. 31930339.

Pendaftaran di wilayah lain tanggal 27 Mei 2008 s.d. 4 Juni 2008 hubungi Panitia lokal terdekat di

  1. Medan Kampus USU
  2. Padang Kampus UNP
  3. Semarang Jl. Kertanegara IV No.2
  4. Surabaya Gedung Amarta-Kopertis wilayah VII, Jl Kertajaya Indah Timur No. 55
  5. Makasar Kampus UNHAS

Informasi mengenai pendaftaran UMB (021) 31930339, 3101906 Fax. (021)31930328

Jadual pendaftaran UMB Lokal Jakarta

Kegiatan

Kolektif-
Subrayon

Kolektif-
Nonsubrayon

Individu/ Perorangan

Pembayaran di Bank BNI

19 Mei

19 – 21 Mei

19 – 30 Mei

Pengambilan formulir oleh Kepala Subrayon di Sekretariat

21 – 22 Mei

23 – 24 Mei


Pengambilan formulir oleh Kepala Sekolah di Subrayon

23 Mei



Pengambilan formulir di Kampus UNJ



22 – 30 Mei

Penyelesaian di sekolah

26 – 28 Mei



Penyelesaian di Subrayon

29 – 30 Mei



Penyelesaian di Sekr Panitia lokal Jkt


28 – 31 Mei


Pendaftaran



26 – 31 Mei

Kelengkapan Pendaftaran

  1. Fotokopi STTB/ Tanda kelulusan yang dilegalisir dan aslinya (bagi lulusan 2006-2007), atau fotokopi raport kelas 1 dan 2 yang dilegalisir, atau kartu tanda peserta ujian nasional, atau surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan ybs. telah mengikuti ujian nasional dan benar murid sekolah tersebut (bagi lulusan 2008).
  2. Fotokopi KTP dan aslinya atau Kartu OSIS atau surat keterangan dari sekolah (bagi yang belum memiliki KTP)
  3. 3 lembar Pas Foto terbaru (tiga bulan terakhir) ukuran 4 x 6

Ujian Seleksi
Ujian tulis dilaksanakan tanggal 7 – 8 Juni 2008
Ujian diselenggarakan di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar dan tempat-tempat yang akan ditentukan kemudian

Materi Ujian
Materi Ujian meliputi kemampuan kuantitatif dan bahasa (Matematika dasar, bahasa Indonesia, bahasa Inggris), Kemampuan IPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPA Terpadu) bagi yang memilih IPA, Kemampuan IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi, IPS terpadu) bagi yang memilih IPS. Bagi yang memilih IPC mengikuti tes kemampuan seluruhnya.

Pengumuman hasil UMB 2008
21 Juni 2008

Biaya formulir
Program IPA/IPS Rp 175.000 (2 pilihan program studi)
Program IPC Rp 200.000 (3 pilihan program studi)

Persyaratan

  1. Lulusan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb) tahun 2008, 2007, dan 2006
  2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

Pilihan Program Studi Sarjana Reguler

Pilihan Program IPA
FAKULTAS KEDOKTERAN
Pendidikan Dokter

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
Pendidikan dokter gigi

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
Kesehatan Masyarakat, Gizi

FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN
Ilmu keperawatan

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Farmasi, Geografi.

FAKULTAS TEKNIK
Teknik Sipil,Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Arsitektur, Teknik Industri, Arsitektur Interior, Teknologi Bioproses

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Ilmu Komputer, Sistem Informasi

Pilihan Program IPS
FAKULTAS HUKUM
Ilmu Hukum

FAKULTAS EKONOMI
Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen

FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
Arkeologi, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Sejarah, Sastra Arab, Sastra Belanda, Sastra Cina, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, Sastra Rusia, dan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

FAKULTAS PSIKOLOGI
Psikologi

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Kriminologi, Sosiologi

Tabel Biaya pendidikan mahasiswa yang diterima melalui seleksi PPKB, SNMPTN dan UMB

Fakultas/Program Studi/Peminatan

Biaya Operasional Pendidikan
(BOP)
Setiap Semester

Dana Kesejahteraan
Fasilitas Mahasiswa
(DKFM)
Setiap Semester

Uang Pangkal
(UP)
Tahun I
Semester 1

Dana Pelengkap
Pendidikan
(DPP)
Tahun I
Semester 1

Rumpun Kesehatan

FAKULTAS KEDOKTERAN
Pendidikan Dokter

7.500.000

100.000

25.000.000

600.000

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
Pendidikan dokter gigi

7.500.000

100.000

25.000.000

600.000

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
Kesehatan Masyarakat, Gizi

7.500.000

100.000

5.000.000

600.000

FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN
Ilmu keperawatan

7.500.000

100.000

5.000.000

600.000

Rumpun Sains Teknologi

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Farmasi, Geografi.

7.500.000

100.000

5.000.000

600.000

FAKULTAS TEKNIK
Teknik Sipil,Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Arsitektur, Teknik Industri, Arsitektur Interior, Teknologi Bioproses

7.500.000

100.000

25.000.000

600.000

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Ilmu Komputer, Sistem Informasi

7.500.000

100.000

25.000.000

600.000

Rumpun Sosial dan Humaniora

FAKULTAS HUKUM
Ilmu Hukum

5.000.000

100.000

10.000.000

600.000

FAKULTAS EKONOMI
Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen

5.000.000

100.000

10.000.000

600.000

FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
Arkeologi, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Sejarah, Sastra Arab, Sastra Belanda, Sastra Cina, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, Sastra Rusia, dan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

5.000.000

100.000

5.000.000

600.000

FAKULTAS PSIKOLOGI
Psikologi

5.000.000

100.000

10.000.000

600.000

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Kriminologi, Sosiologi

5.000.000

100.000

10.000.000

600.000

Catatan
Besarnya biaya operasional pendidikan yang harus dibayarkan sebagaimana tercantum dalam tabel di atas disesuaikan dengan kemampuan penanggung Biaya Pendidikan yang diatur dalam keputusan Rektor tentang ”Mekanisme Penetapan pembebanan besaran biaya operasional bagi mahasiswa Universitas Indonesia Program sarjana reguler tahun akademik 2008-2009”

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA TENTANG MEKANISME PENETAPAN PEMBEBANAN BESARAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM SARJANA REGULER TAHUN AKADEMIK 2008/2009

”........
Pembebanan Besaran BOP
Pasal 2
Pembebanan besaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang ditanggung oleh penanggung
biaya per semester berkisar antara Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) hingga Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk rumpun ilmu sosial dan humaniora, antara Rp 100.000,- (seratus ribu
rupiah) hingga Rp 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) untuk rumpun kesehatan dan
rumpun sains dan teknologi”

Syarat-syarat Administrasi
Pasal 4
(1) Mahasiswa wajib menyerahkan data yang diperlukan kepada Panitia Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk digunakan sebagai dasar dalam menentukan besaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang dibebankan kepada penanggung Biaya Pendidikan (BP).
(2) Data sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah:

  1. Surat Keterangan Penghasilan Total Slip Gaji penanggung Biaya Pendidikan (BP) bagi yang bekerja di sektor formal (instansi pemerintah atau swasta). Ketentuan Slip Gaji ini tidak berlaku bagi orang tua yang bekerja di sektor informal usaha sendiri yang tidak memiliki Slip Gaji, akan tetapi wajib menyertakan surat keterangan dari RT/RW domisili penanggung biaya dan orang tua. Penghasilan yang dimaksud adalah pendapatan total dari orang tua dan penanggung biaya;
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak dan/atau keterangan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun terakhir;
  3. Fotokopi rekening listrik (tempat tinggal orang tua dan Penanggung biaya) 3 (tiga) bulan terakhir;
  4. Fotokopi rekening telpon (tempat tinggal orang tua dan Penanggung biaya) 3 (tiga) bulan terakhir;
  5. Fotokopi rekening air (tempat tinggal orang tua dan Penanggung biaya) 3 (tiga) bulan terakhir;
  6. Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan tempat tinggal orang tua dan penanggung biaya;
  7. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP orang tua/wali yang masih berlaku;
  8. Formulir data diri yang telah diisi oleh Mahasiswa.

(3) Data sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus dikurnpulkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak hari pendaftaran administrasi dimulai kepada Panitia BOP di fakultas masing-masing.
........”

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA TENTANG BIAYA PENDIDIKAN
MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM SARJANA REGULER
TAHUN AKADEMIK 2008/2009

”...........
Beasiswa Universitas
Pasal 6
Beasiswa Universitas dapat diberikan kepada mahasiswa Program Sarjana Reguler yang memerlukan dan memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku.

Bentuk Beasiswa Universitas
Pasal 7
(1) Mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dapat memperoleh Beasiswa Universitas, dalam bentuk:
a. Pembayaran Biaya Pendidikan (BP)dengan angsuran;
b. Pemberian sebagian Uang Pangkal (UP) dari yang harus dibayarkan.
(2) Pemberian Beasiswa Universitas sesuai ayat (1) hanya berlaku untuk jangka waktu 1 (satu) semester.
(3) Keputusan Pimpinan Fakultas atas pemberian Beasiswa Universitas berlaku berjalan dan bersifat final.”

Persyaratan Untuk Mendapat Beasiswa Universitas
Pasal 8
Bagi mahasiswa yang memerlukan Beasiswa Universitas, wajib menyerahkan Surat Pernyataan penanggung Biaya Pendidikan (BP) di atas meterai secukupnya tentang penjelasan alasan permohonan disertai bukti-bukti pendukung sebagai berikut:

  1. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW domisili penanggung Biaya Pendidikan (BP) diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, diutamakan yang memiliki Kartu Gakin;
  2. Surat Keterangan Penghasilan Total/Slip Gaji penanggung Biaya Pendidikan (BP) bagi yang bekerja di sektor formal (instansi pemerintah atau swasta). Ketentuan Slip Gaji ini tidak berlaku bagi orang tua yang bekerja di sektor informal usaha sendiri yang tidak memiliki Slip Gaji;
  3. Menyerahkan fotokopi NPWP (bagi yang memiliki);
  4. Fotokopi rekening listrik (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan (BP) 3(tiga) bulan terakhir;
  5. Fotokopi rekening telpon (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan(BP) 3(tiga) bulan terakhir;
  6. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP penanggung Biaya Pendidikan (BP) yang masih berlaku;
  7. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP orang tua/wali yang masih berlaku;
  8. Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Pajak Bumi dan Bangunan penanggung Biaya Pendidikan (BP);
  9. Surat pernyataan bermeterai cukup dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi penanggung Biaya Pendidikan (BP) mahasiswa dilengkapi fotokopi identitas diri; dan
  10. Syarat-syarat lain yang ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas masing-masing.

Prosedur Untuk Mendapatkan Beasiswa Universitas
Pasal9

  1. Mahasiswa mengisi formulir permohonan Beasiswa Universitas dan melengkapi persyaratan sesuai Pasal8.
  2. Seluruh dokumen yang disyaratkan sesuai dengan ayat (1) di atas diserahkan kepada Manajer Kemahasiswaan atau pejabat yang ditunjuk oleh Pimpinan Fakultas sebelum periode registrasi administrasi dimulai.
  3. Permohonan pada ayat (1) di atas akan dipertimbangkan dan ditetapkan bentuk beasiswanya oleh Pimpinan Fakultas setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan wawancara.
  4. Jangka waktu permohonan, penetapan, dan pemutakhiran data Biaya Pendidikan (BP), selambat-lambatnya diselesaikan dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sebelum jadwal registrasi administrasi berakhir.
  5. Jadwal registrasi administrasi, mengikuti ketentuan Kalender Akademik Universitas untuk tahun akademik berjalan.