Thursday, March 21, 2013

Perguruan Tinggi di Indonesia

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mengenyam pendidikan tinggi adalah suatu hal yang mewah. Barang tersier sebutannya dalam konsep ekonomi. Walaupun sebagian besar lagi bahkan menganggap sekolah sendiri adalah barang mewah. Pikiran seperti itu mungkin berasal dari orang-orang yang tidak mau maju dan menyerah terhadap problematika kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Pendidikan Tinggi di Indonesia dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud. Dalam sejarahnya, dikti pernah juga menjadi satu pengelolaan dengan pendidikan menengah yang bisa kita kenal dengan sebutan dikmenti.

Saat ini, jumlah perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjumlah 3190 PT yang terdiri dari 92 Perguruan Tinggi Negeri dan 3098 Perguruan Tinggi Swasta. Sementara itu ada juga perguruan tinggi yang dibawah kementerian lainnya. Kementerian Agama contohnya, memiliki binaan PTN dan PTS yang berjumlah sekitar 200an PT. Lalu ditambah dengan kementerian dan lembaga lain, jumlah Perguruan Tinggi Kedinasan/Kementerian lain berjumlah sekitar 493 PT. Dengan jumlah sebanyak itu tentunya masyarakat Indonesia punya banyak pilihan dalam mengenyam pendidikan tinggi.


BANNER FREE MEMBER

2 comments:

Yogi Marsahala said...

Numpang komentar nih, Perguruan Tinggi di Indonesia mengalami banyak perkembangan, komentar juga dong ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

Yogi Marsahala said...

Thanks infonya, Gan! Keep blogging!