Wednesday, March 21, 2007

Pilkada DKI 2007 (prediksi calon)

Semakin hari semakin panas saja persaingan calon-calon gubernur DKI. Dari mulai parpol-parpol yang sudah mengumumkan calon yang dijagokannya sampai parpol-parpol yang masih bingung menentukan siapa calonnya. Namun dari semua persiapan yang telah dilakukan, baik yang bersifat teknikal dan konseptual, parpol-parpol tersebut telah melakukan apa yang disebut dengan soft-campaign. Sebenernya untuk hal yang satu ini, agak sedikit bingung siapa yang melakukan soft-campaign, parpolkah? atau pribadi sebagai calon gubernur?

Terlepas dari semua itu, masyarakat DKI Jakarta secara eksplisit telah mengetahui secara kasar siapa saja calon yang akan maju untuk Pilkada DKI Jakarta nanti. Nama-nama seperti Fauzi Bowo, Sarwono Kusumaatmaja, Bibit Waluyo, Agum Gumelar, Adang Daradjatun, bahkan seorang Guruh Soekarno Putra sempat diisukan untuk tampil pada panggung politik yang akan digelar pada Mei 2007 mendatang.

Tapi setelah dipastikan lebih lanjut di situs ini, sepertinya Pilkada kali ini sesuai dengan prediksi sebelumnya yaitu kurang lebih hanya ada tiga nama yaitu:
  • Fauzi Bowo yang telah mendapat dukungan dari banyak partai (Golkar,PDIP,PPP,PD,PDS,PAN,dsb)
  • Adang Daradjatun bersama PKS
  • Sarwono Kusuma yang kemungkinan akan mengusung nama Independen lagi setelah sebelumnya berhasil di kancah pemilihan Dewan Perwakilan Daerah
Itulah peta kekuatan yang saat ini sedang ramai-ramai diperbincangkan. Tapi selama masa pendaftaran calon gubernur belum habis, tentunya masih ada calon-calon lain yang bisa keluar ke permukaan seperti agum Gumelar contohnya.

Namun terlepas dari semua itu, semoga calon-calon ini merupakan calon yang bersih dan taat hukum sehingga bisa memberikan angin segar bagi kehidupan demokrasi di indonesia.

NB: Postingan selanjutnya akan membahas masing-masing calon gubernur DKI Jakarta 2007

~ditunggu ya :)

No comments: