Wednesday, April 18, 2007

Ternyata PPSI itu......

Cerita ini masih menyangkut tentang riset yang sedang gw kerjakan. Sebuah cerita yang seharusnya sudah basi. Tapi, serius gw baru masuk ke sana pertama kali. Mungkin cerita gw terlalu berlebihan, but gw sangat terkesan masuk ke dalam sana.

Ceritanya begini......
Karena sedang bingung tentang apa yang harus dilakukan lagi tentang riset ini, maka kelompok gw memutuskan untuk bertanya kepada seorang pakar di fasilkom ini. Akhirnya kita mendapat sebuah nama yaitu Jeffry Abdullah. Yah, notabene dialah sang punggawa jaringan dan hotspot di UI. Setelah mengadakan janji, kita langsung bertemu di ruang PPSI. Di sinilah letak keterkesanan gw, selain karena PPSI tapi juga karena pengetahuan yang dimiliki oleh jeffry.

Pas gw masuk ruang PPSI di gedung A Fasilkom, gw berasa bukan di Fasilkom. Selain karena perangkat-perangkat keras yang dimiliki, gw juga terkesan karena baru ngeliat server2 yang selama ini sudah melayani gw (Aduh, kemana aja gw selama ini ya?). Pokoknya yang ada di lab kalah deh, monitornya aja LCD :)

Akhirnya kelompok gw pun bisa berdiskusi dengan jeffry(btw, gw nulisnya bener kan? takut login gw diapus. hehehe). Sebenernya untuk riset ini sendiri, kelompok gw baru mencoba untuk meng-install WAP yang telah kami beli, tapi masalahnya bukan di penginstallannya, ya iyalah masa maslaah install menginstall aja harus di-riset segala sih. Yang harusnya gw riset itu ialah gw harus tau bagaimana membangun suatu hotspot, jadilah tadi gw diberi petuah-petuah sama jeffry.

dan jeffry bertanya:
tau radius nggak? kalo nat? atau IPtables?
dan kelompok gw pun langsung diam membisu. yah, mau gimana lagi wong jarkom udah lama ngambilnya, jadi sesuatu yang kita dulu tahu sekarang dianggap nggak tau. Tapi gw masih inget dikit-dikit tentang NAT koq. Gimana yang sedang kuliah jarkom atau sudah mengambil jarkom, masih inget atau tahukah?

yah, kesimpulannya walaupun jeffry nggak bisa menjelaskan secara jauh(ini disebabkan kelompok gw yang hang), tapi dia sudah membuka pikiran kelompok kita menjadi lebih terang dan bersih..

jadi sekarang kelompok gw harus belajar tentang radius, nat, captive portal, IPtables, chilispot dan banyak lagi untuk membangun suatu hotspot.

~thanks buat jeffry, kapan2 kelompok kita tanya lagi yah
~semangat buat kelompok gw, inget bung perjalanan kita tinggal sebentar

1 comment:

kunderemp said...

Jefri!
bukan Jeffry!