Tuesday, May 08, 2007

Uraian Singkat : Sebuah Perencanaan dan Tantangan

Bermanfaat dan bermakna serta terdepan dalam IT. Kalimat inilah yang saya dan tim akan coba kedepankan dalam BEM Fasilkom UI selanjutnya. Menjadi BEM yang bermanfaat baik itu bagi mahasiswa Fasilkom UI maupun kepada seluruh elemen Fasilkom UI. Bermanfaat di sini bukan berarti BEM yang terdahulu belum bermanfaat, tapi hendak mencoba untuk memberikan manfaat yang lebih secara menyeluruh dan merata kepada seluruh civitas akademika dan non-akademika Fasilkom UI. Dan bermakna memiliki arti bagaimana membangun suatu citra BEM Fasilkom UI sehingga dalam perjalanannya, baik seluruh anggota maupun yang bukan menjadi anggota BEM Fasilkom nantinya dapat merasa puas dan bangga akan hadirnya lembaga kemahasiswaan seperti BEM Fasilkom UI ini. Lalu fungsi-fungsi tadi kami balut dengan kata “terdepan dalam IT”, maksudnya adalah agar BEM Fasilkom UI dapat fokus dan berkembang dalam sisi keilmuan yaitu IT sehingga di dunia luar BEM Fasilkom UI dapat dirasakan manfaatnya dalam sisi IT.

Misi-misi untuk mencapai visi tersebut perlu didayagunakan secara optimal. Oleh karena itu, saya mencoba untuk memaparkan misi-misi yang akan saya lakukan jika nanti terpilih menjadi ketua BEM Fasilkom UI periode 2007/2008. Adapun misi-misi itu adalah :

  1. Memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keunggulan BEM Fasilkom UI yang sudah ada sebelumnya.
  2. Mengembangkan Sumber Daya Mahasiswa Fasilkom UI sehingga sesuai dengan core competencenya.
  3. Menyatukan semua elemen Fasilkom dalam semangat kekeluargaan.
  4. "Menjembatani" hubungan antara mahasiswa dengan dekanat Fasilkom UI.
  5. Membangun jaringan terpadu antara BEM Fasilkom UI dengan pihak luar.

Hal pertama yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk mengambil pelajaran dari kepengurusan sebelumnya. Karena saya menganggap bahwa BEM selanjutnya tidak mulai dari awal tetapi terus mengembangkan BEM-BEM sebelumnya. Lalu saya mencoba untuk membangun suatu hubungan yang harmonis antara BEM Fasilkom UI dengan elemen-elemen lainnya agar proses yang terjadi bukan merupakan amal satu arah tetapi semua elemen bisa bersinergi demi tercapainya Fasilkom UI yang utuh.

Selain visi dan misi tersebut, tentunya saya akan memaparkan beberapa program kerja yang akan saya jalankan jika saya terpilih nanti. Program kerja itu antara lain:
  1. Open Proyek
  2. LKTM Fasilkom
  3. Road show seminar/workshop IT
  4. Beasiswa Cerdas v2.0
  5. Neo CGT
  6. CS League Full Season
  7. Tenis Meja Open
  8. Rumah Belajar
  9. Open Tutor
  10. IT Camp v2.0
  11. Seminar Alumni
  12. Workshop for Us
  13. PEDAS
  14. SBF v2.0 (include: Humas Muda v2.0, TPB v3.0, Pengmas v2.0)
  15. IT Fair

Itulah nantinya program-program kerja yang akan saya kerjakan. Tetapi pada perjalanannya jika dalam BEM Fasilkom nanti muncul ide-ide baru, maka saya tidak menutup kemungkinan adanya program-program kerja yang baru ataupun menghapus program kerja yang saya tawarkan mengingat BEM Fasikom adalah sebuah tim, bukan saya sebagai pribadi atau tim sukses sebagai kelompok.

Demikianlah uraian singkat mengenai visi, misi dan program kerja yang saya tawarkan. Tentunya semua rencana ini tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan tim yang kompak dan menyatu, selain itu diperlukan juga komitmen yang tinggi untuk mencapai semua cita-cita yang diharapkan. Kemudian, BEM kedepan juga memerlukan dukungan yang konstruktif dari semua elemen Fasilkom UI.

Hidup Mahasiswa!!
Hidup Fasilkom UI!!

2 comments:

yud1 said...

competition week nggak ada?

kalau bisa sih dimaksimalkan hal-hal yang berhubungan dengan hard-skill mahasiswa... tapi ini cuma usul, sih.

~numpangKomen :)

Anonymous said...

Soal CS League Full Season itu rencanany gmn ya mell??(bingung)

CMIIW ya...seatu gw klo Full Season khan home and away nah Fasilkom aja ga punya home apalagi klub2 d dalamny...

Jd gw coba me-list kemungkinan yg ada d kepala si smell...

1. Apakah pertandingan dilakukan dgn format Liga tapi hanya tiap 2 tim hanya bertemu 1 kali? Klo itu namany setengah kompetisi. Jadi kayakny bukan ini ya mell...
2. Maksa d 2 tempat netral?? Klo ini namnay bukanny 2x setengah kompetisi yach...tp tetep bukan Full Season. Jadi kayakny ini jg bukan..
3.Tiap tim dipaksa tentuin markas tim masing2..wah nambah maksa. Kayakny jg bukan...
4.Atau CS League nantiny akan mengundang ComputerSciences lainny dr univ. lain...berarti fasilkom bs maen d kandang pake lapangan d UI..Nah ini paling mungkin..

Huh...bingung..palingan si smell bilang tunggu aja tanggal mainny...