Tuesday, May 27, 2008

Some Goodies From IGOS Summit 2

Ada beberapa pengalaman menarik saat mengikuti acara IGOS Summit 2. Sebelumnya ini adalah acara kedua yang saya hadiri setelah pagelaran ICT EXPO 2008 di Kemayoran yang belum sempat saya buat laporannya( maaf ya buat arya ^_^). Yah pada akhirnya saya menjalani hari ini dengan sedikit senang. Sebenarnya teramat senang, tetapi karena ada masalah tentang Tugas Akhir sehingga parameter senangnya berkurang.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari acara ini. Pertama sekali adalah niat. Kenapa niat? karena niat amatlah penting dalam menjalani sesuatu kegiatan. Dan untungnya saya sudah mempunyainya sejak kurang lebih satu bulan yang lalu. sebab kalau saya tidak mempunyainya maka saya akan putar haluan pulang ke rumah atau ke kampus karena melihat kemacetan kota Jakarta. Tetapi karena niat, saya menganggap itu adalah tantangan yang harus dihadapi.

Kedua adalah saya bisa tahu banyak tentang dunia IT lebih mendalam khususnya dunia Free/Open Source Software. Dalam acara ini banyak disuguhkan stand-stand tentang distro linux dan juga perusahaan yang berbasis Open Source.

Ketiga, saya bisa berkenalan dengan teman-teman dari UGM, ITB, UPI, dan BSI. Teman-teman yang saya maksud ini adalah teman-teman yang khusus bergerak dalam lingkup Open Source. UGM dengan UGOS-nya, dan UPI dengan distro Q-H4jar-nya. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari mereka. walupun saya menjalaninya baru satu hari. semoga esok lebih banyak pelajaran yang saya dapatkan. Amin..

Ke-empat ialah saya banyak bawa oleh-oleh. Seperti dengan seminar pada umumnya, acara ini tentunya dipermanis dengan bingkisan-bingkisan yang diberikan kepada peserta saat registrasi. Namun pada acara ini saya banyak menemukan goodies yang "bermanfaat" alias buku. Ini sedikit menghibur saya karena bulan ini saya belum membeli buku satupun. Berikut adalah barang-barangnya:
  1. Kumpulan CD Linux/Open Office/Company Profile:
    1. OpenOffice 2.4.0
    2. IGOS Nusantara DwiWarna profile
    3. BlankOn 3 Lontara - Hardy Heron ( 2 pcs)
    4. Edubuntu - Hardy Heron
    5. Ubuntu Muslim Edition Desktop Version- Feitsy Gibbon
    6. IGOS Nusantara Dwiwarna installer
    7. IGOS Nusantara DwiWarna Repository
    8. Ubuntu Desktop Version - Hardy Heron
    9. PCLinuxOS 2007
    10. JATIS Company Profile
  2. Satu set Ensklopedia Keamanan Sistem Informasi II lengkap dengan CD masing-masing, yang berisi:
    1. Tutorial interaktif Instalasi Komputer Forensik, Menggunakan aplikasi Open Source
    2. Tutorial interaktif Implementasi Media Streaming server berbasis Open Source
    3. Tutorial interaktif Sistem Instalasi Keamanan dan VOIP menggunakan Session Initiation Protocol (SIP)
    4. Tutorial interaktif Keamanan Web Server mengunakan IPv6
    5. Tutorial interaktif Instalasi Intrution Prevention System berbasis open Source
  3. Majalah Biskom Edisi Mei 2008 - Indonesia Modern Dengan UU ITE
  4. Buku Kerangka Acuan dan Pedoman Interoperabilitas sistem Informasi Instansi Pemerintah
  5. Direktori Open Source Indonesia 2008
  6. Panduan Pengunaan dan Instalasi BlankOn 3-Lontara
  7. Satu set panduan OSS :
    1. Petunjuk Instalasi IGOS Nusantara
    2. CMS,CRM, dan ERP
    3. Konfigurasi Server Linux
    4. RDBMS: MySQL
    5. Bahasa Pemograman Open Source
    6. Aplikasi Untuk Server
    7. Perangkat Lunak Bebas dan Open Source
    8. Aplikasi Perkantoran OpenOffice.org
  8. SanDisk Cruzer Micro USB Flash Drive 1.0 GB
Dan akhirnya ketika akan dibawa pulang ternyata teramat sulit karena berat. Saya jadi bingung untuk membawa semua barang-barang ini. Bukan maksud untuk serakah tetapi saya pikir barang-barang ini akan berguna bagi saya ataupun untuk teman-teman saya. :) Untung ada tas kain sederhana dari IGOS Summit 2 sehingga saya bisa membawa semuanya.

Oia, goodies yang terakhir tidak semua orang bisa dapat. Saya dapat karena saya menang quiz. Quiz dengan pertanyaan aneh, " Siapa nama kecilnya Sudirman?", itu kan pertanyaan gampang, tetapi nggak ada yang bisa jawab.hehehe..rejeki memang nggak kemana ^^. Dan Goodies yang amat saya sukai adalah Flashdisk dan juga Ensklopedia.

Terakhir semoga besok lebih banyak cerita dan pengalaman yang didapatkan.Dan tentunya lebih banyak Goodies lagi..hehehe..eh kalau ada yang mau minjam salah satu barang di atas bilang aja ya..

7 comments:

Vavai said...

Selamat buat hadiah quiz-nya. Pas dapat hadiah itu, saya lagi jaga stand Komunitas OpenSUSE Indonesia (http://www.opensuse-id.org) :-D

BTW, sedikit ralat, Feisty itu Feisty Fawn, sedangkan Gibbon = Gutsy Gibbon.

Franova Herdiyanto said...

oh mas vavai di stand openSUSE. wah saya belum dapat CDnya tuh. Terakhir kali dapet di pesta blogger 2007.

waduh saya jadi nggak teliti tuh mas, main tulis aja. Soalnya yang tertulis di cover CD-nya ya Feisty Gibbon. CD-nya dari depkominfo lagi, mungkin mereka lupa. Anyway thanks ya mas

Kunderemp said...

Karena aku hanya bisa ke sana setelah pulang kerja saat hari pertama (pukul 18.30 nyampai), aku cuma dapat kaos kambing dan stiker "100 tahun kebangkitan nasional, 80 tahun Sumpah Pemuda, 25 tahun penggunaan UNIX di Universitas Indonesia, dan 7 Tahun Kambing melayani Indonesia"

Hehehe

phira said...

waa...banyak juga oleh-olehnya....

salam kenal buat blognya kak smile
( baru mampir setelah sekian lama )

Arfan said...

sudirboy

benykla said...

wah, aku mau dong yang bukunya...
copy copy, sebarin ilmunya via blog dong

Anonymous said...

Mas, boleh minta dicopykan buku2nya tidak?biaya copy dan kirim via posnya saya ganti, kalo boleh tolong email ke pandaketawa@yahoo.com