Monday, July 31, 2006

Dragon Boat PORSENI UI tu tausen n sik

Dragon Boat aka perahu naga sudah menjadi cabang olahraga yang digemari di lingkungan Universitas Indonesia. Menurut Wakil Rektor II Universitas Indonesia, Perahu Naga merupakan cabang olahraga yang bisa dibanggakan oleh UI di dunia luar, hal ini mengacu pada prestasi UI di kancah regional setelah menyabet peringkat 5. Cabang olahraga yang membutuhkan stamina tinggi ini memang belum lama diadakan di UI. Tetapi dalam waktu yang cukup singkat, cabang olahraga ini sudah bisa mengambil hati Rektor UI untuk terus diadakan, keputusan mengadakannya dua tahun sekali menjadi bukti kepedulian universitas terhadap cabang olahraga ini.

Baru-baru ini, diadakan lomba perahu naga ( Dragon Boat ) dalam rangka PORSENI UI 2006. Dalam lomba kali ini mengikutsertakan perwakilan fakultas dan juga unit-unit yang ada di UI, antara lain ialah FASILKOM, FMIPA, FPSI, FISIP, MAPALA, PPSI, PAU A, PAU B, PASCA SARJANA. Tim unggulan yaitu PAU mengirimkan dua tim yang dua-duanya merupakan lawan berat pada kompetisi ini, PAU adalah unit satuan pengamanan UI yang bermarkas pada gedung biru PoCin. Tim FASILKOM yang bermaterikan para staff dan mahasiswa harus berjuang melawan kawan pada kompetisi kali ini yaitu tim dari PPSI.

Pada kompetisi kali ini digunakan sistem 4 race, yang terdiri dari race penempatan, race penyisihan, race semifinal, dan race final. Race penempatan merupakan race dimana tim-tim yang berlomba ditempatkan pada race selanjutnya, juara pada race ini akan langsung berlomba pada race semifinal sedangkan yang lainnya akan ditempatkan pada race penyisihan. Race penyisiahan merupakan babak penyisihan dimana di ambil juara pertama dan kedua untuk berlaga dalam race semifinal. Race semifinal juga merupakan race penyisihan dimana juara pertama dan kedua masuk ke race final. Race final sesuai namanya merupakan race penentuan dimana diambil juara satu, dua, dan tiga.

Pada kejuaraan kali ini didapatkan pemenang pertama yaitu tim PAU A, pemenang kedua PAU B, pemenang ketiga FMIPA, sedangkan FASILKOM hanya memperoleh posisi ke-empat. Selanjutnya event ini akan diadakan lagi pada kejuaraan dalam rangka DIES NATALIS UI.


2 comments:

Arfan said...

wah sepertinya fasilkom berpeluang untuk menang nih di lomba2 mendatang

RabZ said...

selamat ya udah masuk 4 besar.. mudah2an pas Dies Natalis bisa naik kembali peringkatnya..

Btw, no. gw tolong di-save ya.. =)