Saturday, November 04, 2006

Ngajar Privat pake bahasa jerman...

Ayo...udah ada yang pernah belum?
Ngajar doang mah biasa...
nach kalo soalnya langsung dari jerman, ini yang gak biasa...tugasnya jadi dua (ngajar,sama belajar)

Hehehe,,,sorry kalo nggak penting......
Iya kemarin gw abis ngajarin murid lama gw, setelah perjuangannya menembus UAN SMA, kini ia harus menghadapi hadangan lagi, yang sekarang ini ialah tes ********(gw lupa namanya) pokoknya kaya spmb cuma yang ini ke Jerman. Tapi SPMB yang ini enak, soalnya pilihan universitasnya ada lima, kalo mau nambah ya pasti nambah duitnya (Wah, berapa ya bayarnya?).

Waktu gw dateng, gw malah kangen-kangenan sama keluarganya, cerita-cerita,dari mulai yang gak penting sampe dengan keberangkatan dara ke Jerman ( oia, murid gw namanya dara). Ngobrol sekian lama, eh gw dibilang "kurusan", waduh...padahal sebelum itu, temen gw bilang gw "gendutan", wah mana yang bener nih? Gw juga cerita-cerita kalo ada temen gw-dipo 2002- yang mau berangkat ke sana juga, guna melanjutkan pendidikannya, Menit demi menit pun berlalu, eh gw ditawarin makan...gw bilang aja udah makan(padahal belum tuh, abisnya gw gak enak), dan gw pun maksa gak menerima tawarannya, tapi murid gw bilang "nanti nyesel lho kak", dan tiba-tiba ada sepiring spagheti di depan gw, katanya begini "nih kak, tadi diambilin sama mama, katanya sedikit aja", apanya yang sedikit, padahal banyak gitu...tapi gw gak nyesel koq, abis spaghetinya enak lho.....

Selanjutnya, ya kita langsung kita ke meja belajar, dan gw langsung disodorin soal-soal dari jerman, dari yang buat ujian masuk Universitatt de Hannover, sampe ke kota yang paling kecil-aachen-. Dan pas gw liat soalnya, waduh koq soal gini aja pake les segala ya?, "ini kan gampang banget dar" gw bilang gitu ke dia. Buat yang belum tahu, dan berminat kuliah ke jerman, jangan takut sama tes masuknya (kecuali tes bahasa tentunya) dan uang kuliah(kecuali uang ke sana dan uang hidup), karena memang soalnya gampang banget, kayanya SMP bisa deh ngerjain soal kaya gitu. Dan gw mulai cepet jelasinnya, tapi kebanyakan dia bilang "wah, yang ini ya kak, wah udah lupa tuh kak", kaget gw...emang sih kata mamanya dia udah nggak pernah megang matematik lagi setelah lulus, padahal nilai UANnya 9 gitu lho..wah tergolong hebat juga bukan? siapa lagi kalo bukan karna yang ngajar? (ups, koq jadi sombong ya?) tapi emang orangnya udah pinter koq, tapi tetep aja masih mau les...yah kan yang untung gw-gw juga...iya bukan?

Dan pelajaranpun telah usai, dan sebelum gw pulang dia ajak gw cerita-cerita tentang temen gw yang ada di jerman, dia antusias banget nanyanya....ya udah gw ceritain aja setau gw, gw bilang temen gw itu pulang tiap tahun, dan dia pun kaget, "Wah kak, dia orang kaya dong, kan biayanya 18 juta". gw bilang sih emang dia orang kaya, trus gw bilang ke dia bahwa temen gw itu anak tunggal, da dia trus bilang"saya kan tiga bersaudara kak, jadinya pulangnya tiga tahun sekali" deng...deng...deng...jayus juga nih anak....hahahahha......

Pokoknya enak deh ngajarnya, gampang, kita dapet ilmu bahasa jerman, dapet duit lagi... :)
guten tag
brechnen
seiben
wie heiBt du?
ist da smile
ich franova
hahahahahahaha
aufwiederschen


1 comment:

putra said...

wah rupanya guru bahasa jerman nih, hebat! (baca: serius kagum)
curhat dikit ya :), terus terang yang namanya bahasa ko' aku ini sulit banget belajarnya, pengennya bisa berbagai macam bahasa kaya' mas smel yg bisa bhs jerman selain bhs. inggris, apa sih resepnya biar gampang n gk males tuk bljr bahasa??